Penerapan marketing syariah pada bisnis kedai kopi jos Kota palangka raya

Fendia, Rahma Ayu (2018) Penerapan marketing syariah pada bisnis kedai kopi jos Kota palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Rahma Ayu Fendia - 1302120205.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya aktivitas bisnis, salah satunya bisnis cafe atau tempat berkumpulnya kalangan muda dan dewasa khususnya di Kota Palangka Raya. Setiap muslim sejatinya menjalankan usahanya dengan jujur dan adil. Kopi Jos merupakan sebuah kedai kopi yang tidak hanya dapat dijadikan tempat berkumpul dan bersantai bersama teman atau keluarga, tetapi juga menjadi sebuah tempat yang menyelenggarakan berbagai kegiatan positif seperti operasi katarak, operasi bibir sumbing, pemasangan kaki palsu, dan lain-lain. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana konsep marketing pada Kedai Kopi Jos? (2) Bagaimana penerapan konsep marketing ditinjau dalam ekonomi Islam di Kedai Kopi Jos?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek pemilik kedai kopi, tiga orang karyawan dan tiga orang pelanggan Kopi Jos. Objek dari penelitian ini adalah marketing syariah di kedai Kopi Jos Kota Palangka Raya. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dibuktikan dengan triangulasi sumber yang penulis analisis melalui metode pengumpulan data (collections), reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, konsep marketing yang dijalankan oleh Kopi Joss sudah baik, namun perlu ditingkatkan pada konsep produk. Penerapan pada konsep marketing syariah di Kopi Jos juga sudah berjalan dengan baik dengan menerapkan nilai-nilai marketing syariah pada bisnisnya. Memperhatikan kadar halal haramnya dalam menjalankan suatu bisnis dan mengingat bahwa dalam berhubungan tidak hanya pada Allah tetapi juga pada sesama manusia (keseimbangan antara vertikal dan horizontal) dengan melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

ABSTRACT

This research was motivated by much more business activities, one of them is business cafe or gathering place young and adult circles special in Palangka Raya city. Every moslem actually run the business with the honest and fair. This can be seen from the activity process. Kopi Jos is a coffee shop that is not only made of gathering place and a place to relax with friends and family, but also become a place that organizes various positive activities, like cataract operation, harelip operation, installation of fake legs, and etc. There are two research problems in this research, (1) how does implementation marketing concept in Kopi Jos? (2) how does implementation marketing concept based on Islam economy in Kopi Jos?
This research was field research used the method of descriptive qualitative, the subjects of this research were the owner Kopi Jos, three employees and three customers in Kopi Jos. The object of this research was the sharia marketing in Kopi Jos in Palangka Raya city. The methods of the collecting the data was observation method, interview, and documentation. Validity of the data was proved by triangulation source, data display, and conclusion.
The result of this research indicated the use of marketing concept that ran by the Kopi Jos was very good, but needs to be improved of product concept. The implementation of sharia marketing concept in Kopi Jos that is ran very well with the apply values sharia marketing of the business. Paying attention to level of halal and haram to organize a business and remembering that relation is not only between Allah but also with human need (balance between of vertical and horizontal) with the conduct social activities that benefit the community.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketing Syariah; Bisnis
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:40
Last Modified: 08 Jul 2019 02:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item