Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan interactive conceptual instruction (ici) terhadap kreativitas siswa dan hasil belajar pada materi indra penglihatan dan alat optik kelas VIII semester II MTS ISLAMIYAH Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019

Syaifudin, Muhamad (2018) Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan interactive conceptual instruction (ici) terhadap kreativitas siswa dan hasil belajar pada materi indra penglihatan dan alat optik kelas VIII semester II MTS ISLAMIYAH Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Muhamad Syaifudin -1201130276.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Terdapat atau tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction; (2) Terdapat atau tidaknya perbedaan yang signifikan kreativitas siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction; (3) Terdapat atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar setelah menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction; (4) Aktifitas guru dan siswa saat pembelajaran menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction pada materi Indra penglihatan dan alat optik kelas VIII Semester II MTs Islamiyah Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pra-eksperimental design dengan rancangan “one-group pre-test-post-test design” dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yang dipilih yaitu kelas VIII A. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Islamiyah Palangka raya pada bulan Maret sampai dengan Mei 2018. Instrumen yang digunakan adalah tes kreativitas, tes hasil belajar kognitif, aktivitas guru dan aktivitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan Posttest hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan Posttest hasil kreativitas siswa menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction; (4) Aktifitas guru pada RPP I menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction mendapat nilai rata 82,76% berkategori baik , RPP II mendapat nilai rata-rata 87,12% berkategori baik, RPP III mendapat nilai rata-rata 94,12 dengan berkategori sangat baik dan aktivitas siswa saat pembelajaran menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction rata-rata sebesar 81,58 dengan berkategori baik.

ABSTRACT

The purpose of this research are (1) There is a significant different or not in leaerning outcome before and after using Interactive Conceptual Instruction approach, (2) There is a significant different or not in students’ creativity before and after using Interactive Conceptual Instruction approach, (3) There is a significant correlation or not between students’ creativity and learning outcome after using Interactive Conceptual Instruction approach, (4) The activity of teacher and student in learning process when using Interactive Conceptual Instruction approach on eyesight material and optical tool in class VIII second semester at MTs Islamiyah Palangka Raya.
This research used pre-experiment design and one group pre-test post-test design and used purposive sampling, the choosen sample was class VIII A. This research did at MTs Islamiyah Palangka Raya on March till May 2018. The instruments of this research were creativity test, learning outcome cognitive test, teacher’s activity and students’ activity.
The result of this research shows that : (1) There was a significant different between pre-test and post-test in learning outcome using Interactive Conceptual Instruction approach, (2) There was a significant different pre-test and post-test in students’ creativity using Interactive Conceptual Instruction approach, (3) There was a significant correlation between students’ creativity and learning outcome using Interactive Conceptual Instruction approach, (4) The teacher’s activity on RPP 1 using Interactive Conceptual Instruction approach got average score 82,76% and categorized as good, RPP II got average score 87,12 and categorized as good, RPP III got average score 94,12 and categorized as very good and students’ activity when learning process using Interactive Conceptual Instruction approach got average score 81,58 and categorized as good.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fisika; indra penglihatan
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 17 May 2019 00:27
Last Modified: 17 May 2019 00:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item