Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel laskar pelangi

Ningsih, Siti Wulan (2011) Analisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel laskar pelangi. Undergraduate thesis, STAIN Palangka Raya.

[img] Text
ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL LASKAR PELANGI.pdf

Download (39MB)

Abstract

Novel Laskar l)clangi merupakan sebuah karya sastra yang mcmberikan gambaran kehidupan yang dialami manusia. terutama mcngcnai keikhlasan, kegigihan dan pengorbanan seorang pendidik dan scmangat peserta didik dalam menuntut ilmu dan mengobarkan semangat pendidikan menuju kehidupan yang layak, tenteram dan bijak serta mengedepankan nilai-nilai pendidikan Islam bagi komunitas marginal di tengahtcngah arogansi kekuasaan matcri.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Perlamu, apa saja nitai-nitai pendidikan lslam yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi, mencakup nilai-nilai pendidikan akidah, akhtak, ibadah dan muamalah. Kedua, bagaimuta metode pendidikan Islam dalam novel Laskar Pelangi. Ketiga, bagaimana lingkungan pendidikan dalam novel Laskar Pelangi. Keempat. bagaimana pendidik dalam novel laskar pelangi, bagaimana peserta didik dalam novel Laskar pelangi.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library researcih) dengan sumber primemya adalah Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan sistem dokumenter. Teknik pengolahan data dengan jalan mengumpulkan data, menyusun dan mengklasifikasinya, menganalisa dan menginterpretasikan, dengan menggunakan teknik analisis isi (contenl analysis) dan analisis perbandingan (comparativc analisis).

Hasil penelitiannya adalah: Pert(tmo, nilai-nilai pendidikan akidah dalam novel Laskar Pelangi meliputi mengajarkan keyakinan terhadap zat Allah SWT.. takdir dan larangan perbuatan syirik. Nilai-nilai pendidikan akhlak, meliputi mengajarkan sikap lemah lembut, sopan santun, tawakal, tidak berlebih-lebihan. berperilaku baik, tidak mencela, sabar, dilarang berdusta, berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua. Nilai-nilai pendidikan ibadah, melipuli membiasakan diri,ntuk bersuci (wudlu), mengerjakan shalat, melakukan dzikir, membiasakan membaca dan mempelajari al eur'an, amar ma'ruf nahi munkar dan memakai jilbab bagi muslimah. Nilai-nilai pendidikan muamalah. ditandai dengan adanya toko kelontong sebagai wadah terjadinya interaksi jual beli. Keiua, metode pendidikan dalam novel Laskar Pelangi meliputi metode bercerita, tanya jawab, demonstrasi dan karyawisata. Ketiga, lingkwtgan pendidikan, meliputi lingkungan keluarga yang harmonis, menanamkan keagamaan, memberikan teladan dan semangat. Lingkungan sekolah diibaratkan sepe(i pohon Jilicium dan merupakan universitas kehidupan bagi anak didik yaitu pergunran Muhammadiyah. Lingkungan masyarakat, mengisyaratkan untuk pandai-pandai memilih teman dalam bergaul karena apabila kita dekat dengan orarrg yangg berilmu maka kita akan disinari dengan pencerahan, seperti halnya t<ebodohan-, kepintaran pun sesungguhnya demikian menjalar. Keeipar, pend'idik tercermin dari sosok Pak Harfan dan Bu Muslimah pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya, berdedikasi tinggi, mentor, penjaga, sahabat, pengajar, guru spiritual. menanamkan keagamaan dan mengobarkan semangat kependidikan. Kelima, Peserta didik adalah anak-anak komunitas marginal yang miskin yang tiada mengenal lelah dan putus asa, selalu bersemangat, tidak pemah membolos-, saling tolong menolong dan memiliki kreativitas dan intelektual yang handal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 10 May 2019 07:37
Last Modified: 10 May 2019 07:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item