Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan di kelas VII semester II MTS Darussalam Kota Besi Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun ajaran 2014/2015

Purwanti, Devi (2015) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan di kelas VII semester II MTS Darussalam Kota Besi Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MTs Darussalam Kota Besi menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan tidak bervariasi dan metode yang digunakan hanya metode ceramah sehingga pembelajaran menjadi monoton dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam menerima pembelajaran. Salah satu usaha untuk memperbaiki hasil belajar siswa di MTs Darussalam Kota Besi khususnya materi pencemaran lingkungan diperlukan adanya model pembelajaran yang tepat, sehingga terjadi peningkatan kualitas pembelajaran khususnya pada pencemaran lingkungan. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu: (1) apakah pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan di kelas VII semester II Mts Darussalam Kota Besi (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri materi Pencemaran Lingkungan di kelas VII MTs Darussalam Kota Besi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan di kelas VII semester II MTs Darussalam Kota Besi, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas VII MTs Darussalam Kota Besi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sebelum dilakukan tes, soal-soal tersebut diuji cobakan terlebih dahulu. Semua butir-butir soal ditentukan tingkat reliabilitas dan validitasnya melalui korelasi point bisereal. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Darussalam Kota Besi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan di kelas VII semester II MTs Darussalam Kota Besi Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun Ajaran 2014/2015, (2) dengan model pembelajaran inkuiri terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik di MTs Darussalam Kota Besi khususnya materi pencemaran lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri; hasil belajar; materi pencemaran lingkungan
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 01 Sep 2016 02:17
Last Modified: 01 Sep 2016 02:17
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item