Dunia anak dan problematika pendidikan

Hamdanah, Hamdanah (2005) Dunia anak dan problematika pendidikan. Himmah, VI (15). pp. 61-77.

[img] Text
hamdanah.pdf

Download (184kB)

Abstract

Anak mempunyai dunianya sendiri yang berbeda dengan orang dewasa. Dunia yang dimilikinya penuh keceriaan, kebahagiaan dengan berbagai permainan yang sangat menyenangkan. Dunia anak dan problematika pendidikan tidak dapat dipisahkan, baik secara substansial maupun formalitasnya. Karena itu anak mempunyai berbagai ciriciri/karakteristik yang berbeda dengan orang dewasa. Dalam memberikan pendidikan kepada anak, orangtua sering mengalami kesulitan atau kendala di antaranya masalah metode yang diterapkan oleh kedua orangtua yang terkadang saling bertentangan atau berbeda. Orangtua sering menghadapi anak yang suka memberontak, merusak, bahkan memecahkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Selain itu kekhawatiran yang sangat berlebihan terhadap anak, mengakibatkan anak kurang bisa mengembangkan diri dan sikap kemandiriannya. Begitu pula dalam pengambilan keputusan, kedua orangtua sering membingungkan anak, sehingga anak menjadi ragu-ragu dalam berbuat. Orangtua dituntut mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang luas dalam memberikan pembinaan dan pendidikan kepada anakanaknya dengan menjaga keharmonisan dan kerukunan, saling pengertian di dalam kehidupan berumah tangga dengan berlandaskan ajaran Islam. Tulisan ini mencoba menguraikan sedikit tentang fenomena hubungan antara dunia anak dengan problematika pendidikan. Berbagai pandangan tentang dunia anak beserta karakteristiknya, juga problematika yang dihadapi orangtua dalam mendidik anak diuraikan dengan metode deskriptif analitis.

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 09 Apr 2019 04:27
Last Modified: 09 Apr 2019 04:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item