Ermawati, Ermawati (2015) Pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV-A MIS Muslimat NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sejarah Kebudayaan Islam merupakan mata pelajaran yang kaya akan nilai dan sejarah, untuk itu guru dituntut untuk dapat memberikan dorongan atau motivasi yang kuat kepada siswa supaya lebih dapat aktif dalam belajar. Berdasarkan observasi di MIS (Madrasah Ibtidaiyah Swasta) Muslimat NU (Nahdlatul’Ulama) Palangka Raya yang dilakukan peneliti, dimana Guru SKI yang mengajar mata pelajaran tersebut berusaha menyusun perencanaan pembelajaran yang mencantumkan beberapa komponen, kemudian melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang disusun, dan selanjutnya dilakukan suatu penilaian sebagai kegiatan akhir dari pembelajaran khususnya di kelas IV-A MIS Muslimat NU Palangka Raya. Dalam hal ini MIS Muslimat NU Palangka Raya menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Dengan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan pembelajaran SKI di kelas IV-A MIS Muslimat NU Palangka Raya, yang meliputi penyusunan perencanaan pembelajaran (RPP), proses pelaksanaan pembelajaran dan penerapan penilaian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek adalah 1 orang guru SKI kelas IV-A, sedangkan informan adalah Kepala Madrasah dan beberapa orang siswa kelas IV-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diabsahkan dengan triangulasi dan selanjutnya dianalisis dengan collection, reduction, display dan Conclutions Drawing Veryfying.
Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek HI dalam hal pembuatan atau penyusunan perencanaan pembelajaran (RPP) diantaranya memahami dalam merumuskan tujuan pembelajaran seperti standar kompetensi (SK), kompetensi dasara (KD) dan indicator atau tujuan pembelajaran (TP), sehingga subjek HI dalam hal pelaksanaan pembelajaran SKI di kelas IV-A secara keseluruhan sudah mengacu pada RPP yang dibuat dan berusaha mencari sumber lain, selanjutnya materi yang disampaikan sudah sistematis dan subjek mampu mengembangkan materi dengan metode dan media yang tersedia sesuai untuk mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan.Subjek HI dalam hal melakukan penilaian seperti halnya pelaksanaan pembelajaran selain mengadobsi dari buku paket juga mampu merumuskan item soal untuk menjawab tujuan yang ditentukan, dengan membuat variasi tugas yang berikan kepada siswa seperti pilihan ganda, menjodohkan dan essay serta meresume.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Sejarah Kebudayaan Islam; pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 07:56 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:56 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/143 |
Actions (login required)
View Item |