Strategi pemasaran pada toko rahayu dalam meningkatkan jumlah penjualan barang jalan Yos Sudarso kota Palangkaraya

Purnomo, Ahmad Rama (2018) Strategi pemasaran pada toko rahayu dalam meningkatkan jumlah penjualan barang jalan Yos Sudarso kota Palangkaraya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Ahmad Rama Purnomo - 16015027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Toko Rahayu merupakan salah satu toko lokal yang menjual bahan sembako yang berada di jalan Yos Sudarso No. 56 Kota Palangka Raya. Pada dasarnya toko ini tidak memiliki fasilitas lebih yaitu ruangan tidak ber-AC, tidak ada ATM, dan tidak ada CCTV. Namun memiliki strategi pemasaran yang unik, yaitu mampu tetap eksis dan bertahan di tengah arus maraknya persaingan pasar. Padahal sudah banyak toko-toko lokal, foodmart yang sudah tutup. Sehingga sangat menarik untuk diteliti mengenai strategi yang diterapkan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh pemilik Toko Rahayu dalam meningkatkan jumlah penjualan dan bisa tetap bertahan dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari pemilik toko, bagian kasir, bagian pramuniaga, pelanggan tetap, dan tetangga depan kanan kiri Toko Rahayu. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, selanjutnya di analisis dengan pengambilan data, pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan data. Berdasarkan analisis yang dilakukan, kemudian diungkapkan hasil penelitian yang menunjukan bahwa : 1) Strategi pemasaran yang diterapkan Toko Rahayu dalam meningkatkan jumlah penjualan barang adalah yang pertama dengan menerapkan strategi anti mainstream yaitu suatu strategi dimana pembisnis yang sukses melakukan apa yang tidak dilakukan orang lain . Strategi ini berhubungan dengan penerapan shalat 5 waktu, zakat, sedekah, ramah tamah, jujur dan berbagi. Konsep berbagi yang beliau lakukan dengan memberikan bantuan bahan sembako atau uang untuk panti asuhan, kaum muallaf, tetangga kanan kiri toko, pengemis, sales distributor dalam bentuk THR, dan anak kecil yang berkunjung ke rumah pada saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dari beberapa strategi anti mainstream yang diterapkan, Toko Rahayu dalam prakteknya telah mengacu pada 4 prinsip pemasaran syariah yaitu teistis, etis, realistis dan humanistis. Selanjutnya strategi yang kedua dengan menerapkan strategi perumusan pemasaran yaitu segmenting, targeting, positioning. dan strategi marketing mix yang terdiri dari tujuh unsur yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process dengan tujuan menarik pembeli dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. 2) Analisis SWOT yang meliputi strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Telah diaplikasikan oleh Toko Rahayu dalam meningkatkan penjualan barang. Pada perhitungan analisis SWOT baik dari segi Matriks, EFAS dan IFAS serta diagram cartesius. Toko Rahayu berada pada posisi kuadran I yaitu (+,+). Posisi ini membuktikan sebuah toko yang kuat dan berpeluang. Rekomendasi taktik yang diberikan adalah progresif. Sehingga benar-benar dimungkinkan untuk terus menjalankan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

ABSTRACT

Rahayu Store is one of the local store that sells food items that are on the road Yos Sudarso no. 56 Kota Palangka Raya. Basically this store does not have more facilities ie no air-conditioned room, no ATM, and no CCTV. But has a unique marketing strategy, which is able to exist and survive in the middle of the current rampant market competition. Though already many local shops, foodmart that has been closed. So it is very interesting to be studied about the strategy applied.
The purpose of this study is to know the marketing strategy applied by the owner of Rahayu Store in increasing the number of sales and can stay afloat in the face of competition. This research is a field research with qualitative descriptive approach. The data were obtained from the shopkeeper, the cashier, the salesperson, the regular customer, and the right-left front-right neighbor of Rahayu Store. Methods of data collection with observation, interviews, and documentation. The data obtained, then in the analysis by taking data, data collection, data presentation, and conclusion data.
Based on the analysis conducted, then disclosed the results of research that shows that: 1) Marketing Strategy applied Rahayu Store in increasing the number of is the first sale of goods by applying non-mainstream strategy is a strategy where the successful businessman doing what others do not do. This strategy is related to the implementation of the 5 day prayer, zakat, alms, kindness, honest and sharing. The concept of sharing that he did with the help of materials or food items money for orphanages, the converts, left-right store neighbors, beggars, sales distributors in the form of THR, and small children who visit home at the time of Eid Al-Fitr and Eid al-Adha. From some anti mainstream strategy applied, Rahayu Store in practice has been referring to 4 principles of sharia marketing that is theistic, ethical, realistic and humanistic. Furthermore, the second strategy by applying the strategy of marketing formulation is segmenting, targeting, positioning. and marketing mix strategy consisting of seven elements: product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process with the aim of attracting buyers and retaining existing customers. 2) SWOT analysis that includes strengths, weaknesses, opportunities, and threats. It has been applied by Rahayu Store in increasing the sale of goods. On the calculation of SWOT analysis in terms of Matrix, EFAS and IFAS and cartesius diagram. Rahayu Store is in the position of quadrant I is (+, +). This position proves a strong and potential store. The tactical recommendation given is progressive. So it is really possible to continue to run the expansion, enlarge the growth and achieve maximum progress.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 30 Mar 2019 03:05
Last Modified: 30 Mar 2019 03:05
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item