Teknik guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI di SDN 5 Menteng Palangka Raya

Khairunnisa, Ana (2013) Teknik guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI di SDN 5 Menteng Palangka Raya. Undergraduate thesis, STAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak (ana).pdf

Download (246kB)
[img] Text
Bab 1. Pendahuluan (Ana).pdf

Download (66kB)
[img] Text
Bab 2. Kajian Pustaka (Ana).pdf

Download (92kB)
[img] Text
Bab 3. Metode Penelitian (Ana).pdf

Download (27kB)
[img] Text
Bab 4. Hasil Penelitian (Ana).pdf

Download (108kB)
[img] Text
Bab 5. Penutup (Ana).pdf

Download (14kB)

Abstract

Pelaksanaan teknik evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI merupakan salah satu aspek penting, karena dapat menggambarkan apa yang dapat dilakukan oleh siswa, dan hal itu sudah sesuai dengan tingkah laku siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI. Untuk mengetahui sikap atau tingkah laku tersebut perlu dilakukan evaluasi untuk aspek afektif. Teknik apa dan bagaimana cara pelaksanaan guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI, menarik untuk diteliti. Permasalahan penelitian; 1)Bagaimana cara guru dalam melakukan teknik evaluasi aspek afektif, 2) Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif padamata pelajaran PAI. Dengan tujuan untuk mengetahui teknik yang diterapkan guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif dan cara pelaksanaan evaluasi aspek afektif serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam melakukan teknik evaluasi aspek afektif tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, subyek penelitian 2 orang guru PAI dan sebagai informan adalah pengawas atau kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi dan wawancara serta teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan analisis yaitu; 1) Data Collection (pengumpulan data), 2) Data Reduction (pengurangan data), 3) Data Display (penyajian data), 4) Conclusion(penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI adalah : Pertama,teknik yang digunakan teknik nontes berupa observasi yaitu menggunakan alat berupa check list atau daftar cek pada saat materi praktek sholat dan bacaan-bacaan sholat. Adapun daftar cek yang digunakan terbagi dalam criteria SB(sangatbaik) dengan nilai 9-10, B(baik) dengan nilai 7-8, C(cukup) dengan nilai 6-6,5. K(kurang) dengan nilai 5-5,5. Dan SK (sangat kurang) dengan nilai 4. Semua nilai aspek afektif dijadikan satu dengan penilaian aspek kognitif maupun psikomotorik, guna memberikan nilai akhir kepada para siswa, walaupun tidak semua teknik nontes digunakan oleh guru. Cara pelaksanaan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI dengan observasi langsung terhadap aktivitas belajar peserta didik dalam merespons maupun menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru, tanpa harus menguji peserta didik. Kedua, kendala guru dalam melakukan evaluasi aspek afektif pada mata pelajaran PAI dikarenakan guru tidak menggunakan teknik evaluasi nontes aspek afektif secara keseluruhan, disebabkan guru merasa kesulitan bila harus menggunakan semua teknik nontest tersebut. Terlebih lagi penilaian aspek afektif tersebut siswa kurang berkonsentrasi pada saat belajar, serta guru kurang memperhatikan sikap atau tingkah laku siswa pada saat evaluasi pembelajaran PAI.

English
The implementation of evaluation in affective technique in Islamic education is one of the most important aspects because it can describe what can be done by the students, and those things which are line with the behaviors and attitudes of the students in joining Islamic education learning. To know the behavior and attitudes of the students, it is important to conduct an evaluation on cognitive aspect; the technique and the ways of the implementation of evaluation performed by the teachers in doing evaluation on effective aspect in Islamic education subject. The problems of the study are: 1) how do teachers perform evaluation on effective aspect? 2) what are the obstacles to be faced by the teachers in doing evaluation in affective aspect in Islamic education subject? The objectives of the study are to know the techniques which are used by the teachers in doing evaluation on affective aspect; the ways of the implementation of the teachers perform evaluation on affective aspect and the obstacles to be faced by the teachers in doing evaluation in affective aspect in Islamic education subject. The study use descriptive qualitative approach. The subjects of the study are two Islamic education teachers and the headmaster acts as informant. The techniques of data collection include observation, interview and document. The analysis is done through four phases, namely, 1) Data Collection, 2) Data Reduction, 3) Data Display, and 4) Conclusion Drawing. The results of the study can be explained as follows. The teachers in doing evaluation, the teachers do the following things. First, the technique to be used is non-test which is in the form of observation namely, using check list in practice shalat and its recitation. The criteria to be used are: 9-10: excellent, 7-8: good, 66,5 fair, 5-5,5 poor, 4: very poor. The scores in affective aspect are mixed with cognitive and psychomotor aspect in order to give the final scores to the students although not all non-tests are used. The ways of the implementation of evaluation in affective aspect in Islamic education learning, the Islamic teachers make a direct observation toward the activities of the students in responding or absorb the lessons given by the teachers, and the teacher use observation sheet without testing the students. Second, the obstacles faced by the teachers in performing evaluation in aspect in Islamic education; the teachers do not use non test in affective aspect completely because they have difficulty if they use all non-test techniques. Moreover, in affective aspect, the students do not concentrate on the lessons during learning and the teachers give less attention to behavior and attitudes of the students during evaluation in Islamic education learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 26 Feb 2019 06:28
Last Modified: 26 Feb 2019 06:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item