Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa materi sistem gerak manusia kelas VIII MTs Darul Amin Palangka Raya

Murdinia, Warahmah (2017) Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa materi sistem gerak manusia kelas VIII MTs Darul Amin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Isi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa materi sistem gerak pada manusia. kelas VIII Mts Darul Amin Palangka Raya; (2) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa menggunkan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) kelas VIII Mts Darul Amin Palangka Raya materi sistem gerak pada manusia; (3) mengetahui bagaimana aktivitas siswa menggunkan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) terhadap keaktifan siswa kelas VIII Mts Darul Amin Palangka Raya materi sistem gerak pada manusia.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan peretes postes equivalent group design (design kelompok pretes postes). Subjek penelitian ini adalah kelas VIII Mts Darul Amin Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan alat evaluasi berupa tes dan lembar observasi aktivitas keaktifan siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray TSTS menunjukan kurang berpengaruh terdapat hasil belajar siswa yang mana hal ini telihat dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,376 pretes dan postes 0,333 hal ini menunjukan lebih besar dari 0,05 untuk hasil belajar kognitif siswa yang menyatakan Ho diterima dan Ha ditolak. (2) Hasil pembelajaran siswa mengunakan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) masuk kategori sedang dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 75,40. (3) Data aktivitas keaktifan siswa yang didapat dengan menggunakan lember observasi baik kelas kontrol dan kelas eksperimen masuk kedalam kategori aktif dengan persentasi keaktifan yang lebih besar terjadi pada kelas eksperimen RPP I 77.93 sedangkan RPP II 77.97, untuk kelas kontrol RPP I 72.00 dan RPP II 76.88.

ABSTRACT

This study was aimed to know : 1) How the influence of two stay two stray model toward learning outcomes of cognitive at human motion system material on eighth year student of MTS Darul Amin Palangka Raya (2) How are students’ learning outcomes by using two stay two stray learning model on eighth year student of MTS Darul Amin Palangka Raya at human motion system material (3) How are student’ activities by using two stay two stray learning model toward students’ activeness on eighth year student of MTS Darul Amin Palangka Raya at human motion system material.
This study was designed on quasi experimental with pretest posttest equivalent group design. The subject of this study is 8th year student of MTS Darul Amin Palangka Raya technique to collect data in this study used test as instrument and observation note of students’ activeness activity.
The result findings showed that: 1) The implementation of two stay two stray (TSTS) model showed less of regresion for students, learning outcomes, that showed by significant 2 tailed with score 0,376 for orates and 0,333 for posttest, significant is bigger than 0,05 for students cognitive learning out comes that showed Ho is acceepted (2) learning outcomes of students use two stay two stray learning model (TSTS) eith fair category with mean score for experiment class 75,40 (3) the student activeness’s activity used observational note for experiment class as active category with activeness presentation is bigger for firs RPP showed 77,93 and second RPP showed score 77,97.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan model two stay two stray (TSTS); hasil belajar
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Nov 2018 02:35
Last Modified: 12 Nov 2018 02:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item