Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam dan implementasinya pada perilaku siswa kelas VIII R2 di SMPN 3 Mentaya Hilir Utara

Faidani, Ahmad (2015) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam dan implementasinya pada perilaku siswa kelas VIII R2 di SMPN 3 Mentaya Hilir Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (AF).pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (AF).pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (AF).pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (AF).pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (AF).pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai karakter. Pendidikan karakter di sekolah bukan merupakan mata pelajaran baru yang berdiri sendiri, bukan pula di masukkan sebagai standar kompetensi dan kompetensi dasar baru, tetapi memasukkan ke dalam mata pelajaran yang sudah ada, pengembangan diri dan budaya sekolah, muatan lokal, kurikulum, silabus maupun RPP yang digunakan

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan agama Islam dan implementasinya pada perilaku siswa kelas VIII R2 di SMPN 3 Mentaya Hilir Utara meliputi: (1) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII R2 dan implementasinya pada perilaku siswa kelas VIII R2 di SMPN 3 Mentaya Hilir Utara, (2) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter melalui Pendidikan agama Islam di kelas VIII R2 SMPN 3 Mentaya Hilir Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan pendidikan karakter di SMPN 3 Mentaya Hilir Utara, dan faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di kelas VIII R2 SMPN 3 Mentaya Hilir Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis metode kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam di SMPN 3 Mentaya Hilir Utara dan beberapa informan mereka adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, wali kelas serta 24 siswa. Analisis data menggunakan versi Miles dan Hubberman yaitu data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing / verifying yang mana divalidasi dengan menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam dan implementasinya pada siswa kelas VIII R2 di SMPN 3 Mentaya Hilir Utara adalah metode pelaksanaan pembiasaan. ini dapat dilihat ketika proses belajar mengajar dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam setiap pelajaran pendidikan agama Islam yaitu dengan pembiasaan tindakan agama yang seperti, membaca doa bersama-sama. Selain itu, dengan pembiasaan disiplin seperti, masuk ke kelas tepat waktu, dan mengumpulkan tugas tepat waktu. serta pembiasaan tanggung jawab seperti, ketika diberi tugas oleh guru bertanggung jawab untuk melakukan, dan menjalankan piket harian yang telah disepakati. nilai-nilai ini diharapkan secara pribadi membuat siswa lebih baik (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui Pendidikan agama Islam yaitu:. (a) faktor pendukung: (i) guru tidak menjaga jarak dengan siswa. kedekatan antara guru dan siswa memiliki dampak positif pada pembelajaran, dimana siswa merasa nyaman, (ii) Adanya sarana dan Prasarana yang mendukung pembelajaran. (b) faktor penghambat: (i) keterbatasan waktu yang tersedia, sehingga guru pendidikan agama Islam kurang mampu maksimal dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, (ii) Kurangnya keseimbangan antara lingkungan sekolah dan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pendidikan karakter; perilaku siswa; PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:15
Last Modified: 30 Aug 2016 01:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item