Strategi pemasaran kerupuk udang industri rumahan di Desa Pagatan Hilir Kecamatan Katingan Kuala

Gusmawansyah, Gusmawansyah (2017) Strategi pemasaran kerupuk udang industri rumahan di Desa Pagatan Hilir Kecamatan Katingan Kuala. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI GUSMAWANSYAH - 132120221.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan strategi dalam menjalankan suatu bisnis sangatlah penting, terlebih lagi pada pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan pemasaran. Disamping mengembangkan pemasaran, penggunaan strategi juga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kerugian yang disesabkan oleh risiko yang akan dihadapi serta mempertahankan kelangsungan suatu usaha. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pengembangan pemasaran kerupuk udang industri rumahan, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan pemasaran kerupuk udang industri rumahan di desa Pagatan Hilir Kecamatan Katingan Kuala.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subjek penelitian ialah para produsen kerupuk udang di desa Pagatan Hilir kecamatan Katingan Kuala, berjumlah 3 orang yang telah ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis yakni melalui langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1). Strategi pemasaran kerupuk udang industri rumahan di desa Pagatan Hilir dari 3 subjek penelitian menggunankan strategi yang berorientasi pada marketing mix atau bauran pemasaran, yang meliputi strategi penentuan harga, strategi pendistribusian barang dan strategi promosi serta strategi pada produksi. 2). Faktor pendukung strategi pengembangan pemasaran kerupuk udang industri rumahan di desa Pagatan Hilir yaitu adanya bantuan dari pemerintah berupa mesin produksi, adanya pihak keluarga yang memasarkan hingga ke kota, biaya produksi yang terjangkau, serta tersedianya jaringan komunikasi dan transportasi. Sedangkan factor penghambatnya adalah kurangnya modal untuk meningkatkan jumlah produksi, serta kurangnya kepercayaan melakukan transaksi jarak jauh.

ABSTRACT

The use of strategy in running a business is very important, especially in marketing by businesspeople to expand the reach of marketing. In addition to marketing, the use of strategy can also minimize the possibility loss occurrence which is affirmed by risks to be faced maintaining continuity a business. The purpose of this study to describe marketing strategy shrimp crackers home industry and to describe the supporting factors and deep barrier marketing strategy of home industry shrimp crackers in pagatan hilir districts katingan kuala.
This research uses qualitative research methods, The subject of his research is producers of shrimp crackers in pagatan hilir, districts katingan kuala, amounted to 3 people who have been determined based on purposive sampling technique. Technique data through observation, interviews and documentation. Then the data is analyzed through reduction measures, data presentation, and conclude.
The results of this study are 1). marketing strategy shrimp crackers of home industry in pagatan hilir districts katingan kuala of the 3 research subjects using a strategy-oriented to product strategy, pricing strategy, distribution strategy and promotion strategy. 2). Factors supporting the marketing strategy of home industry shrimp crackers in pagatan districts katingan kuala is government assistance in the form of production machinery, the existence of the family who market to the city, affordable production costs, as well as the availability of communication and transportation networks. While the inhibiting factor is the lack of capital to increase the amount of production, as well as the lack of trust to conduct long-distance transactions.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:42
Last Modified: 18 Sep 2018 06:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item