Komunikasi manajerial Kepala Madrasah dan Guru dalam pengelolaan pendidikan (Studi kasus komunikasi pendidikan di MAN SAMPIT)

M. Rusidi, M. Rusidi (2015) Komunikasi manajerial Kepala Madrasah dan Guru dalam pengelolaan pendidikan (Studi kasus komunikasi pendidikan di MAN SAMPIT). Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (698kB)
[img] Text
ISI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana komunikasi manajerial kepala madrasah dan guru dalam pengelolaan pendidikan. Kemudian diperinci lagi untutk mengungkap bagaimana komunikasi manajerial interpersonal dan komunikasi organisasi kepala madrasah dan guru, serta implikasinya dari komunikasi tersebut dalam pengeloaan pendidikan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan berjenis case study (studi kasus). Kepala madrasah dan para dewan guru dipilih sebagai informan kunci (key informan) karena merupakan subyek komunikasi manajeril di MAN Sampit. Data diperoleh dengan wawancara (interview), dokumen-dokumen (documents) dan observasi (observation). Proses analisis data menggunakan model Spradley yang terdiri dari analisis domain, analasis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan langkah credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Ada empat hasil temuan yang diperoleh, yaitu, (1) Komunikasi manajerial kepala madrasah dan guru dalam pengelolaan pendidikan dikategorikan: mempererat hubungan antara kepala madrasah dengan guru; sebagai alat untuk penjelas bagi pihak-pihak yang diserahi tugas pada program madrasah; sebagai sarana untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan stakeholder; yang sifatnya keterbukaan (transparancy) dan kekeluargaan (friendly); yang berfungsi sebagai cross check and balance dalam pengelolaan pendidikan di MAN Sampit. (2) Komunikasi manajerial interpersonal kepala madrasah dan guru dalam pengelolaan pendidikan dikategorikan: interaksi intern yang lebih akrab; dibangun dalam suasana kekeluargaan, persahabatan, pertemanan; yang dapat mempererat hubungan antara kepala madrasah dengan guru; berbentuk percakapan ringan dan dilakukan dimana saja dengan media apa saja; mudah dicerna bagi semua kalangan dalam organisasi sebagai sarana untuk memperlancar pengelolaan organisasi di MAN Sampit. (3) Komunikasi manajerial organisasi kepala madrasah dan guru dalam pengelolaan pendidikan dikategorikan: komunikasi yang memperkecil missunderstanding; kejelasan terhadap job description masing-masing unit, dan mengefektifkan pos-pos pengelolaan; berbentuk upward communication; bersifat koordinatif antar elemen dalam struktural organisasi MAN Sampit. (4) Implikasi komunikasi manajerial kepala madrasah dan guru dalam pengelolaan pendidikan dikategorikan: berimplikasi dapat meminimalisir miss-understanding yang mengganggu proses interaksi; sering terjadi distorsi komunikasi (cara berkomunikasi dan perbedaan intepretasi pesan yang diterima/ disampaikan).

ABSTRACT

This study aims to reveal how the managerial communication headmaster and teachers in the management of education. Then itemized again revealed how the mainland for managerial communication interpersonal and organizational communication headmaster and teachers, as well as the implications of that communication in the management of education.
The approach used in this study is qualitative and manifold case study (case study). Headmaster and the teachers selected as key informants (key informant) because it is the subject of the communication manajerila in MAN Sampit. Data obtained by interview (interview), documents (documents) and observation (observation). The process of analyzing data using a model consisting Spradley of domain analysis, analasis taxonomic, componential analysis and thematic analysis. And checks the validity of the data is done by step credibility, transferability, dependability, and confirmability.
There are four findings were obtained, namely, (1) Communication managerial headmaster and teachers in educational management categorized: strengthen the relationship between the headmaster and teachers; as a tool for explanatory for the parties entrusted with the task at madrasah program; as a means to disseminate to the public and stakeholders; the nature of disclosure (Transparency) and familial (user); which serves as a cross check and balance in the management of education at MAN Sampit. (2) Communication interpersonal managerial headmaster and teachers in educational management categorized: internal interactions that are more familiar; built in a family atmosphere, camaraderie, friendship; which can strengthen the relationship between the headmaster and teachers; shaped light conversation and be done anywhere in any media; easily digestible for all people in the organization as a means to facilitate the management of the organization in MAN Sampit. (3) Communication managerial organization headmaster and teachers in educational management categorized: missunderstanding minimize communication; clarity of the job description of each unit, and streamline management posts; shaped upward communication; coordinative between elements in the structural organization of MAN Sampit. (4) The implications of managerial communication headmaster and teachers in educational management categorized: implications to minimize the miss-understanding that interfere with the interaction; frequent distortion of communication (how to communicate and differences in interpretation of messages received/delivered).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: komunikasi manajerial; kepala madrasah; guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 04 Jul 2018 05:08
Last Modified: 03 Jan 2019 08:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item