Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe circ pada materi memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi Kelas X di SMKN-1 Palangka Raya

Fitriani, Fitriani (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe circ pada materi memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi Kelas X di SMKN-1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak F.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I F.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III F.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II F.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV F.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

CIRC adalah suatu model pembelajaran yang merupakan bagian dari model cooperative learning yang bertujuan untuk meningkatkan daya paham dan daya ingat siswa tentang materi yang mereka baca dengan cara memadukan membaca dan menulis.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi kelas X di SMKN-1 Palangka Raya?; 2) Bagaimana tanggapan guru dan siswa mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi kelas X di SMKN-1 Palangka Raya?; 3) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi kelas X di SMKN-1 Palangka Raya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC?.

Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. 2) Untuk mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. 3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi kelas X di SMKN-1 Palangka Raya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam. Sedangkan sebagai informannya adalah 6 orang siswa dari kelas X RPL 2 dan TKR. Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada pelajaran PAI pokok bahasan mengenai memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi QS. Al-Mu’minun ayat 12-14 dan QS. Az-Zariyat ayat 56 kelas X di SMKN- 1 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian: a) Meliputi RPP dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah b) Tanggapan guru dan siswa mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC ialah dengan menggunakan model pembelajaran tersebut ternyata tidak hanya membuat siswa menjadi lebih paham mengenai materi tersebut akan tetapi mereka lebih aktif dan senang belajar di dalam kelas. c) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC ialah lebih baik dan sangat membantu dalam proses pembelajaran, dilihat dari aspek psikomotor, kognitif dan afektifnya.

ABSTRACT

CIRC is a learning model of cooperative learning model which aimed to improve students’ composition and memory of matter that they read by integrating reading and writing.

The problems of study are 1) How is the implementation of cooperative learning model of CIRC type on the matter of Al Qur’an verses composition of human and his assignment as khalifah on earth at X grade of SMKN-1 Palangka Raya?; 2) How are the responds of teacher and students on the implementation of cooperative learning model of CIRC type on the matter of Al Qur’an verses composition of human and his assignment as khalifah on earth at X grade of SMKN-1 Palangka Raya?; 3) How is the objectives student’s learning on the matter of Al Qur’an verses composition of human and his assignment as khalifah on earth at X grade of SMKN-1 Palangka Raya by implementing cooperative learning model of CIRC type?

The objectives of study are: 1) To know implementation cooperative learning model of CIRC type. 2) To describe the responds of teacher and students on the implementation of cooperative learning model of CIRC type. 3) To describe the objectives student’s learning on the matter of Al Qur’an verses composition of human and his assignment as khalifah on earth at X grade of SMKN-1 Palangka Raya by implementing cooperative learning model of CIRC type.

This study used descriptive qualitative approach which resulting descriptive data. The subject of the study was an PAI teacher. While the informants are 6 students of X grade RPL 2 and TKR. The object of study was the implementation of cooperative learning model of CIRC type on PAI subject on the matter of Al Qur’an verses composition of human and his assignment as khalifah on earth Qur’an verse Al-Mu’minun 12-14 and Qur’an verse Az-Zariyat 56 at X grade of SMKN-1 Palangka Raya. The data was collected by using observation, interview and documentation. The data was analyzed by using data reduction, data display and conclusion.

Result of the study was: a) covering lesson plan the implementation of cooperative learning model of CIRC type on the matter of Al-Qur’an verses comprehension of human and his assignment as khalifah. 2) the responds of teacher and students on implementation of cooperative learning model of CIRC type were not only made the students comprehend the matter well but also more active and enjoy to learn in the class. c) objectives student’s learning by implementing cooperative learning model of CIRC type was better and helpful in the process of teaching learning, from all the aspect of psychomotor, cognitive and affective.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; pembelajaran kooperatif; CIRC; pembelajaran PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 21 Nov 2017 07:21
Last Modified: 21 Nov 2017 07:21
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item