Strategi mengajar guru Kelas VIII dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Jannah Palangka Raya

Hidayati, Fitri (2015) Strategi mengajar guru Kelas VIII dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Jannah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Strategi mengajar merupakan suatu hal yang utama dalam merencanakan kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik. Suatu pembelajaran bisa berhasil jika disertai dengan minat belajar peserta didik. Minat belajar merupakan perasaan senang dan ketertarikan dalam mempelajari Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana strategi mengajar guru kelas VIII dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Jannah Palangka Raya. 2. Apa saja macam-macam strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Jannah Palangka Raya. 3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi strategi mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Jannah Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seorang guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan yang menjadi informannya adalah Supervisor, Kepala Madrasah, dan peserta didik kelas VIII yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dengan melakukan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, model data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan.

Hasil penelitian ini yaitu: 1. Strategi mengajar guru kelas VIII dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah melakukan appersepsi, memberikan penjelasan mengenai hubungan dari materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari, memberikan contoh, memberikan cerita-cerita mengenai materi yang disampaikan, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi tokoh yang ada di dalam Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirah, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, menjawab pertanyaan yang diberikan, dan latihan. 2. Strategi mengajar guru kelas VIII dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah Strategi Pembelajaran Ekspositori dengan metode ceramah dan tanya jawab. 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah latar belakang pendidikan peserta didik, karakteristik peserta didik, dan kemampuan peserta didik memahami materi pelajaran yang disampaikan, serta guru.

ABSTRACK

Teaching strategies are the main thing in designing teaching learning activity in order to fulfill the objective of teaching well. Teaching learning is success if followed by students’ interest. Learning interest is the feeling of happiness and interest in learning Al-Qur’an Hadits subject. The problems of this study were: 1. How were the teaching strategies of VIII grade teacher in improving students’ learning interest on Al-Qur’an Hadits subject at MTs Miftahul Jannah Palangka Raya? 2. What were the strategies used by the teacher to improve students’ interest on Al-Qur’an Hadits subject at MTs Miftahul Jannah Palangka Raya? 3. What did the factors influence the teaching strategies used by the teacher to improve students’ interest on Al-Qur’an Hadits subject at MTs Miftahul Jannah Palangka Raya?

This study used descriptive qualitative approach. Subject of study was a teacher of Al-Qur’an Hadits subject, and the informant was a supervisor, the principal, and students’ of VIII grade consisted of 10 students. Techniques of data collection which used were observation, interview and documentation. Data analysis procedures were data reduction, data model and conclusion.

Result of study was: 1. The teaching strategy of VIII grade teacher in improving students’ learning interest on Al-Qur’an Hadits subject was apperception, explaining about the relation of material given to daily life activities, modeling, giving stories about the material conveyed, giving chance to the students to identify the person in al-Quraisy and al-Insyirah, giving chance to the students to ask, to answer the question given and drilling. 2. The strategy used by the teacher to improve students’ interest on Al-Qur’an Hadits subject was expository learning strategy by using the methods of lecturing and question-answer. 3. The factors influenced the teaching strategy used by the teacher to improve students’ interest on Al-Qur’an Hadits subject was students’ background, students; characteristic, and students’ ability to comprehend the material conveyed and teacher.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi mengajar; minat belajar; guru; peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 21 Nov 2017 04:24
Last Modified: 21 Nov 2017 04:24
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item