Muhayyaroh, Muhayyaroh (2016) Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar pada materi usaha dan energi peserta didik Kelas XI SMAN-1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI A.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (698kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal antara lain: peserta didik kurang semangat mengikuti pembelajaran, peserta didik dalam berkelompok akan menitik beratkan pada peserta didik yang pintar, minimnya dilatih soal memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas pendidik dan peserta didik saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada materi usaha dan energi, (2) Kemampuan memecahkan masalah dengan model pembelajaran berbasis proyek (3) Hasil belajar dengan model berbasis proyek pada materi usaha dan energi.
Penelitian ini menggunakan metode Pre-experiment dengan rancangan desain“one-group pretest-posttest design”. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas pendidik dan peserta didik, tes kemampuan memecahkan masalah, tes hasil belajar kognitif dan psikomotor peserta didik. Populasi penelitian adalah kelas XI semester 1 SMAN-1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas XI IPA 4 berjumlah 36 orang. Analisis data pretest dan postest kemampuan memecahkan masalah dan THB menggunakan program Microsoft Excel 2007 dan program SPSS versi 21.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas pendidik pada pembelajaran fisika dengan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 89,91% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik pada pembelajaran fisika dengan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 66,68%. (2) Nilai pretest kemampuan memecahkan masalah peserta didik adalah sebesar 50,58 dan nilai postest adalah sebesar 71,74. Analisis hipotesis pada pretest dan postest kemampuan memecahkan masalah menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pada α = 0,05 dengan N-Gain sebesar 0,42. (3) Nilai pretest hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran berbasis proyek memiliki nilai sebesar 26,16 dan postest adalah sebesar 86,95 untuk kognitif. Analisis hipotesis pada pretest dan postes hasil belajar peserta didik menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pada α = 0,05 dengan N-Gain sebesar 0,82. Sedangkan untuk hasil belajar psikomotor nilai rata-rata RPP 1 dan RPP 2 yang diperoleh adalah 79,60, dengan N-Gain 0,52.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis proyek; kemampuan memecahkan masalah; hasil belajar; usaha dan energi; fisika |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 08:08 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 08:08 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/705 |
Actions (login required)
View Item |