Studi Perbandingan Prestasi Mahasiswa Dalam Mata kuliah PPL I dan PPL II Antara yang Berlatar Belakang SLTA Keguruan dengan Non Keguruan pada Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangka Raya

Sarkawi, Sarkawi (1993) Studi Perbandingan Prestasi Mahasiswa Dalam Mata kuliah PPL I dan PPL II Antara yang Berlatar Belakang SLTA Keguruan dengan Non Keguruan pada Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
102_SARKAWI_8815003806_1993.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Studi Perbandingan Prestasi Mahasiswa Dalam Mata kuliah PPL I dan PPL II antara yang berlatar Belakang SLTA Keguruan dengan non keguruan Pada Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya". dengan tujuan ingin mencari dan melihat ada atau tidak adanya perbedaan Mean prestasi, serta mana mean yang lebih baik mean prestasi mahasiswa dalam mata kuliah PPL I dan PPL II antara yang berlatar belakang SLTA Keguruan dengan non Keguruan pada Fakultas Tarbiyah IAIN Anatsari Palangakaraya (Program Diploma 2 Pengadaan semester Ganjil dan Genap tahun 1992/1993), dengan menggunakan populasi yang ada masing-masing dalam mata kuliah PPL I yang berasal dari SLTA Keguruan 21 orang dan dari non keguruan 18 orang serta dalam mata kulich PPL II berasal dari SLTA Keguruan 22 orang dan non keguruan 18 orang.

Dalam penelitian ini prosedur pengumpulan data yang paling mendasar adalah dengan menggunakan dokumentasi, yakni data tentang tentang hasil PPL I dan PPL II yang yang penulis peroleh dari pihak Unit Pembinaan dan Pengembangan Praktik kependidikan (UP3K) Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Palangkaraya, sedangkan guna kelengkapan data yang lainnya penulis mengadakan tehnik observasi dan wawancara.
Untuk menganalisa data dalam penenlitian ini, penulis menggunakan analisa statistik yaitu dengan menggunakan tes " t " (rumus Fisher) "

Dalam penggunaan rumus tersebut diperlukan

1. Merumuskan Hipotesa Alternatif (Ha) dan hepotesa nihilnya (HQ).
2. Penentuan df atau db. (N_{1} + N_{2}) - 2
3. Penentuan Taraf signifikansi
4. Penentuan taraf signifikansi 1%.

Pengujian Hipotesa ditetapkan kriteria Ho diterima tabel jika harga to lebih kecil dari pada tt atau nilai pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Telah diperoleh dari perhitungan sampel kelompok nilai PPL I = nilai PPL II = 0,572, sedangkan t t 0,070 dan to dari hasil perhitungan sampel kelompok pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (df 40) adalah masing-masing sebesar 2,02 dan 2,71 maka dapatlah dilihat bahwa :

1. 2,02 > 0,070 < 2,71
2.2,02 > 0,572 < 2,71

Dari hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa adanya perbedaan sekolah asal (SLTA) dikalangan mahasiswa yang diteliti perbedaan prestasinya tidaklah membawa perbedaan yang signifikan terhadap prestasinya dalam mata kuliah PPL I maupun PPL II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Mahasiswa ; PPL ; Keguruan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:05
Last Modified: 11 Dec 2025 03:05
URI: https://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6041

Actions (login required)

View Item View Item