Studi Perbandingan Penerapan CBSA dalam Proses Belajar Mengajar pada MIN dan SDN Palangka 10 Palangka Raya

Fadol, Ahmad (1993) Studi Perbandingan Penerapan CBSA dalam Proses Belajar Mengajar pada MIN dan SDN Palangka 10 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
070_AHMAD FADOL_8715003890_1993.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan ditingkat dasar dianta-ranya dilaksanakan oleh Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pa-langka Raya dan Sekolah Dasar Negeri Palangka 10 Palang ka Raya, yang sama-sama dalam proses belajar mengajar menggunakan sistem Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA).

Dari dua jenis lembaga pendidikan diatas adakah perbedaan penerapan CBSA dari segi proses kegiatan belajar siswa dan dari segi mengajar guru, dimana karena dua lembaga pendidikan tingkat dasar tersebut berbeda CBSA jenis dan pengelolanya. Sehingga dalam penelitian ini diusahakan untuk mengetahui perbedaan penerapan dalam proses belajar mengajar pada MIN dan SDN Palangka 10 Palangka Raya tahun ajaran 1993/1994.

Dalam mempelajari masalah diatas, maka diteliti maka sebanyak 151 siswa yaitu 20% dari 756 siswa MIN dan SDN Palangka 10 Palangka Raya, serta 40 orang guru di kedua sekolah tersebut. Data-data dikumpulkan dengan menggu-nakan tehnik angket, wawancara, observasi dan dokumen-ter serta ditunjang dengan data-data dari Kepala Sekolah/Madrasah, Tata Usaha dan wali-wali kelas.
Untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan penera-pan CBSA dalam proses belajar mengajar dengan menggu nakan rumus : -fe) 2 fe Dimana: fe = (f Kolom) (f Baris) Jumlah total
fo Frekuensi pengamatan

Dengan hasil:
Menunjukkan bahwa penerapan CBSA dari aspek proses bela-jar siswa x²hit (0, 159) < x ^ 2 * tab (5,99), sedangkan untuk penerapan CBSA dari aspek kegiatan mengajar guru adalah x²hit (0,00769) <x²tab (5,99) masing-masing pada taraf signifikansi 0,05 dan d, b = 2 , yang berarti bahwa tidak ada perbedaan penerapan CBSA dalam proses belajar menga-jar baik dari aspek proses kegiatan belajar siswa maupun dari aspek mengajar guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan Sekolah Dasar Negeri Palangka 10 Palangka Raya tahun ajaran 1993/1994.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar ; Mengajar; Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 21 Jul 2025 11:45
Last Modified: 21 Jul 2025 11:45
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item View Item