Zuhdiy, Chobirun (1990) Studi Komparatif Prestasi Belajar Siswa Tamatan SMP DAN MTS dalam Bidang Studi IPS dan Bahasa Indonesia pada MAN Palangka Raya Tahun Ajaran 1989/1990. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
008_CHOBIRUN ZUHDIY_8815033927_1990.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penyelenggaraan pendidikan pada tingkat lanjutan dian taranya dilaksanakan oleh sekolah lanjutan pertama dan Madrasah Tsanawiyah yang didalamnya sama-sama memberikan pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia.
Dari lulusan kedua jenis lembaga pendidikan ini adakah perbedaan prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS dan Bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan berikutnya seperti pada Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya.
Oleh karena itu dalam penelitian ini berupaya untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dan korelasi antara nilai STTB siswa tamatan SMP dan MTs dengan prestasi be lajar siswa dalam bidang studi IPS dan Bahasa Indonesia pada Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya tahun ajaran 1989/1990。
Dalam mempelajari masalah diatas, maka diteliti sebanyak 138 orang yaitu 50% dari 275 orang siswa tamatan SMP dan MTs pada Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya tahun ajaran 1989/1990. Data data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, angket, interview, kuissioner dan dokumenter serta ditunjang dengan data data yang diperoleh dari Kepala Sekolah. Karus TU, guru mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia.
Untuk menunjukkan ada tidaknya perbedaan prestasi be lajar siswa. diuji dengan rumus t SD dengan hasil t hitung (1,825)<tabel (1,960) untuk bidang studi IPS dan t hitung (0.054) <tabel (1.960) untuk bidang studi Bahasa Indonesia, masing masing pada taraf signifikansi 5%. Yang berarti tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa tamatan SMP dan MTs dalam bidang studi. IPS dan Bahasa Indonesia pada Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya tahun ajaran 1989/1990.
Sedangkan untuk menunjukkan ada tidaknya korelasi diuji dengan rumus korelasi Froduct Moment, ΝΣΧΥ - (ΣΧ) (ΣΥ) ΓΕΝ ΣΧ² - (ΣΧ)2ΕΝΣΥ² - (ΣΥ) 2} 2 dengan hasil hitung (0,596) > 「tabel (0,266) untuk bidang studi IPS bagi siswa tamatan SMP dan hitung (0.453) > Γta bel(0,266) untuk bidang studi Bahasa Indonesia bagi siswa tamatan SMP serta hitung (0.517)> tabel (0,220) untuk bi dang studi IPS bagi siswa tamatan MTs dan Fhitung (0.462)> 「tabel (0.220) untuk bidang studi Bahasa Indonesia bagi siswa tamatan MTs masing masing pada taraf signifikansi 5%. Yang berarti ada korelasi antara nilai STTB siswa ta matan SMP dan MTs dengan prestasi belajar dalam bidang studi IPS dan Bahasa Indonesia pada Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya tahun ajaran 1989/1990.
Dengan demikian maka diharapkan kepada kepala sekolah dan guru bidang studi IPS serta Bahasa Indonesia pada Madrasah Aliyah Negeri Palangka Raya untuk lebih meningkatkan- upaya membangkitkan dan mengembangkan motivasi kepada siswa agar selalu meningkatkan kegiatan belajarnya baik di SLTP maupun SLTA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Siswa; Motivasi Siswa; Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 02:48 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 02:48 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5602 |
Actions (login required)
View Item |