Kemampuan siswa madrasah tsanawiyah Kelas VIII dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan ilmu tajwid pada program khusus tahfizul qur'an Pondok Pesantren Hidayatul Insan Palangka Raya

Atiyah, Nuril (2016) Kemampuan siswa madrasah tsanawiyah Kelas VIII dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan ilmu tajwid pada program khusus tahfizul qur'an Pondok Pesantren Hidayatul Insan Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Ragam cara membaca Al-Qur’an tentunya bergantung pada banyaknya pengetahuan dan latar pendidikan seseorang tentang Al-Qur’an. Metode yang diajarkan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an itu ada bermacam-macam. Sedangkan metode yang ada di dalam program khusus Tahfiẓul Qur'an Pondok Pesantren Hidayatul Insan ini lebih mengarah kepada pembelajaran langsung secara lisan tanpa diajarkan ilmu tajwi>d secara tertulis seperti yang diajarkan di kelas umum. Karena di kelas khusus Tahfiẓul Qur'an ini lebih mengarah kepada praktek membaca Al-Qur’an langsung meskipun mereka tidak diajarkan secara mendalam tentang pembelajaran ilmu tajwi>d tersebut. Oleh sebab itu para siswa pada Kelas VIII Mustofa yang mengikuti Tahfiẓul Qur'an memiliki kemampuan yang beragam dalam membaca Al-Qur’an. Artinya apakah kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an dapat dikatakan cukup, sedang, bahkan mampu, karena setiap siswa mempunyai pemahaman dan kemampuan yang berbeda-beda disebabkan oleh faktor-faktor yang berbeda .

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah bagaimana kemampuan siswa MTs kelas VIII dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan ilmu tajwi>d pada program khusus Tahfiẓul Qur'an Pondok Pesantren Hidayatul Insan dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan siswa MTs kelas VIII dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan ilmu tajwi>d pada program khusus Tahfiẓul Qur'an Pondok Pesantren Hidayatul Insan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan penelitian sampling dengan menggunakan Sampel Bertujuan atau Purvosive Sample. Subjek penelitian berjumlah 15 orang peserta didik di MTs Tsanawiyah Hidayatul Insan Pondok Pesantren Hidayatul Insan Palangka Raya. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalis dengan cara editing, coding, tabulating, dan analizing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs antara lain: Berdasarkan dari data yang di gali dalam penelitian ini melalui tes membaca Al-Qur’an, maka dapat disimpulkan bahwa secara umumnya termasuk kategori mampu dengan nilai rata-rata 2,64. Karena ada 13 orang siswa atau 87% termasuk kategori mampu, 2 orang siswa atau 13% termasuk kategori sedang, dan untuk kategori tidak mampu tidak ada.

Faktor-faktor penunjang kemampuan membaca Al-Qur’an Madrasah Tsanawiyah siswa kelas VIII antara lain: faktor interen, yaitu minat siswa sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor dukungan dari keluarga. Sedangkan faktor-faktor penghambat membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs antara lain faktor interen yaitu karena malas.

ABSTRACT

The variety of ways to read the Qur’an depends on how much one's knowledge and educational background about Al-Qur’an. The methods taught in learning to read the Qur'an it is diverse. While the method is in a special program Tahfizul Qur'an Hidayatul Insan boarding school is more directed to verbally direct learning without being taught science tajwid d in writing as taught in the general classroom. Because in a special class Tahfizul Qur'an is more directed to the practice of, reading the Qur'an directly even though they were not taught in depth about science learning tajwid them. Therefore, students in Mostopha VIII grade follow Tahfizul Qur'an have diverse abilities in reading the Qur'an. That is whether their ability to read the Quran can be said enough, was even able to, because every student has the understanding and capabilities vary due to different factors.

Issues raised in the study was how the students of class VIII MTs in reading the Qur'an is based on tajwid on the specific program Tahfizul Qur'an Hidayatul Insan boarding school, and factors that influence the ability of VIII grade at MTs students in reading Al٠Qur'an by tajwid on the specific program Tahfizul Qur'an boarding school Hidayatul Insan.

This study belonged to a quantitative approach with descriptive type. This sampling study used Purposive Sample. Subjects numbered 13 students in junior boarding school Hidayatul Hidayatul Insan Insan Palangkaraya. To collect the data, the researcher used techniques of tests, namely; observations, interviews, and documentation. Data were analyzed by means of editing, coding, tabulating, and analyzing.

The results showed that the ability to read the Quran at VIII grade in MTs among others: Based on the data extracted in this study through a test reading of the Qur'an, it can be concluded that in general the category was able to average score 2.64. Because there were 13 students or 87% are able to, 2 students or 13% medium category, and the category was not capable of nothing.

The supporting factors of the ability to read the Qur'an at VIII grade in Mts among internal factors, namely the interest of the students themselves and the external factors were the family support. While the factors inhibiting reading the Qur'an at VIII grade in MTs include internal factor were being lazy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; membaca Al-Qur’an; Ilmu Tajwid; tahfizul Quran; Pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 07 Jun 2017 02:25
Last Modified: 07 Jun 2017 02:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item