Penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran harmonis

Nismalasari, Nismalasari and Santiani, Santiani and Rohmadi, Mukhlis (2016) Penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran harmonis. Edu Sains : Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4 (2). pp. 74-94. ISSN 2338-4387

[img] Text
Nismalasari, Santiani, M Rohmadi.pdf

Download (865kB)
Official URL: https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.ph...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidak ada perbedaan signifikan
keterampilan proses sains siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran learning
cycle pada pokok bahasan getaran harmonis, (2) ada atau tidak ada perbedaan signifikan hasil
belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran learning cycle pada pokok
bahasan getaran harmonis, (3) ada atau tidak ada hubungan signifikan keterampilan proses
sains terhadap hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran learning
cycle pada pokok bahasan getaran harmonis, (4) bagaimana pengelolaan pembelajaran fisika
menggunakan model pembelajaran learning cycle pada pokok bahasan getaran harmonis.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penilitiannya menggunakan
pre-eksperimental design. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains,
tes hasil belajar kognitif siswa dan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran. Hasil
analisis reliabelitas butir soal uji coba instrumen tes keterampilan proses sains diperoleh
sebesar 0,784 dengan kategori tinggi dan tes hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 0,515
dengan kategori cukup. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI semester I MA
Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian adalah
kelas XI IPA berjumlah 30 orang. Analisis data menggunakan program SPSS for Windows
Versi 17.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan signifikan keterampilan proses
sains siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran learning cycle pada taraf
signifikansi 0,05 dengan nilai sig* 0,000 < 0,05 (2)ada perbedaan signifikan hasil belajar
kognitif siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran learning cycle,
berdasarkan nilai sig* 0,000 < 0,05 (3)ada hubungan signifikan antara keterampilan proses
sains siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini terlihat dari nilai sig* 0,01 < 0,733
untuk pretest dan untuk posttest diperoleh sig* 0,01 < 0,006, (4) pengelolaan pembelajaran
fisika diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,25 dengan kategori cukup baik.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Sains; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:10
Last Modified: 21 Jun 2024 04:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5511

Actions (login required)

View Item View Item