Implementasi Total Quality Management Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Katingan Tengah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah

Taufikurrahman, H (2015) Implementasi Total Quality Management Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Katingan Tengah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Bagian awal TESIS.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Landasan Teori.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Laporan Penelitian.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Analisa.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI Penutup.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Era globalisasi dan persaingan pasar bebas menuntut lembaga pendidikan untuk menghasilkan kelulusan yang berkualitas tinggi dan memiliki SDM yang berkualitas. Namun, pendidikan di Indonesia belum mampu menghasilkan lulusan yang diharapkan tersebut. TQM sebagai konsep manajemen, menawarkan sebuah konsep peningkatan mutu secara terpadu di bidang manajemen dan masih cukup baru dalam dunia pendidikan. Hal ini guna mengoptimalkan lembaga pendidikan dalam peningkatan mutu menuju kepuasan pelanggan pendidikan. Tesis ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis tentang (1) Implementasi TQM di MTsN Katingan Tengah, (2) Upaya kepala MTsN Katingan Tengah dalam mengimplementasikan TQM terhadap peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan aspek kurikulum, sistem rekrutmen tenaga pengajar, sistem rekrutmen siswa baru, dan metode pembelajaran yang dikembangkan. (3)Kendala apa saja yang dihadapi kepala MTsN Katingan Tengah dalam mengimplementasikan TQM dalam pendidikan. Penyusunan tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Dalam penelitian ini, data primer yang di cari berupa implementasi TQM di MTsN Katingan Tengah yang diperoleh dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif yang mengambil analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTsN Katingan Tengah memiliki komitmen dan kemauan yang kuat dan terus berusaha dalam upaya peningkatan mutu dan bekerja berdasarkan mutu, peningkatan profesionalisme dan kompetensi guru, menyusun dan merencanakan program madrasah, memberdayakan sumber tenaga pendidik dan kependidikan secara optimal, menyediakan sarana dan prasarana pendidikan, meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan, mengadakan program bimbingan dan pengayaan belajar siswa, mengembangkan religious culture di madrasah, menjalin kerja sama atau kemitraan dengan komite pendidikan madrasah.

English
The era of globalization and free market competition requires educational institutions to produce high-quality graduation and has qualified human resources. However, education in Indonesia has not been able to produce graduates who are expected. TQM as a management concept, offering a concept of integrated quality improvement in management and still quite new in the world of education. This is to optimize the educational institutions in improving the quality of education towards customer satisfaction. This thesis aims to describe and analyze on (1) Implementation of TQM in MTsN Katingan Central, (2) Efforts head MTsN Katingan Middle implement TQM to improving the quality of education through the development aspects of the curriculum, the system of recruitment of teachers, the system of recruitment of new students, and methods learning developed. (3) any constraints faced head MTsN Middle Katingan in implementing TQM in education. This thesis uses a qualitative approach. While the study is a kind of field research. In this study, the primary data in the search form MTsN TQM implementation in Middle Katingan obtained using methods of field research. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. This study uses qualitative data analysis method that takes a descriptive analysis. The results showed that MTsN Katingan Middle commitment and a strong will and keep trying in an attempt to improve the quality and work based on quality, professionalism and competence of teachers, organize and plan the program madrasah, empowering source of educators optimally, providing facilities and infrastructure education, improve the welfare of teachers and employees, held a counseling program and the enrichment of student learning, develop religious culture at the school, establish cooperation or partnership with madrasa education committee

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 24 Mar 2017 07:31
Last Modified: 24 Mar 2017 07:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item