Susilo, Djoko (2021) Manajemen pembelajaran sistem daring menggunakan aplikasi google clasroom dan google meet pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Djoko Susilo -19013269 File 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
Djoko Susilo - 19013269 File 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
SMP Negeri 2 Parenggean merupakan sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara daring pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Manajemen pembelajaran suatu lembaga sangat diperlukan dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan. Pembelajaran berlangsung dengan baik jika suatu lembaga menyusun manajemen yang tepat. Sebuah manajemen terdapat empat fungsi yang harus ditetapkan di antaranya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Sekolah harus memakai fungsi-fungsi tersebut agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang baik. SMP Negeri 2 Parenggean memiliki manajemen yang baik dalam penerapan pembelajaran sistem daring yang dilakukan di sekolah. Penulis tertarik meneliti lebih lanjut bagaimana manajemen pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 yang diterapkan sekolah, dengan rumusan masalah, bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pembelajaran sistem daring menggunakan aplikasi google classroom dan google meet pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Parenggean.
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pembelajaran sistem daring menggunakan aplikasi google classroom dan google meet pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Parenggean. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan membuat kesimpulan. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan pengawas pembina. Dan orang tua siswa sebagai informannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran sistem daring pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Parenggean, yaitu (1) Perencanaan mengacu pada pedoman kerja kepala sekolah dan guru di masa pandemi Covid-19, (2) Pengorganisasian dilakukan dengan membentuk tim satuan tugas Covid-19 dan pembagian tugas-tugas guru dalam pembelajaran daring, (3) Pelaksanaan dilakukan guru dengan melaksanakan pembelajaran daring dengan media daring google classroom, google meet, dan kombinasi whats app belum berjalan maksimal dengan berbagai hambatan di lapangan seperti akses jaringan internet yang tidak lancar, siswa tidak memiliki laptop atau gawai, pemakaian gawai atau laptop yang bergantian, kuota internet yang terbatas, dan kapasitas gawai yang terbatas, (4) Pengawasan dilakukan melalui supervisi akademik, manajerial, monitoring, evaluasi, dan tindak lanjut dari kepala sekolah dan pengawas sekolah guna memastikan program berjalan dengan baik sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnya.
Abstract
SMP Negeri 2 Parenggean is a school that carries out online learning during the current Covid-19 pandemic. The learning management of an institution is very necessary in achieving the planned goals. Learning takes place well if an institution arranges the right management. A management has four functions that must be defined including planning, organizing, implementing, and monitoring. Schools must use these functions in order to achieve good learning objectives. SMP Negeri 2 Parenggean has good management in the application of online learning in schools. The author is interested in further researching how online learning management during the Covid-19 pandemic is implemented by schools, with the formulation of the problem, how to plan, organize, implement, and supervise online learning systems using the Google Classroom and Google Meet applications during the Covid-19 pandemic at SMP Negeri 2 Parenggean.
The purpose of this study is to describe and analyze the planning, organization, implementation, and supervision of online learning systems using the Google Classroom and Google Meet applications during the Covid-19 pandemic at SMP Negeri 2 Parenggean. This study used descriptive qualitative method. Data collection techniques based on the results of observations, interviews, and documentation. Data analysis techniques are carried out by reducing, presenting, and making conclusions. The research subjects were principals, subject teachers, and supervisors. And parents of students as informants.
The results showed that the online learning management system during the Covid-19 pandemic at SMP Negeri 2 Parenggean, namely (1) Planning refers to the work guidelines of school principals and teachers during the Covid-19 pandemic, (2) Organizing is done by forming a task force team Covid-19 and the division of teachers' tasks in online learning, (3) The implementation is carried out by the teacher by carrying out online learning with online media google classroom, google meet, and the combination of whats app has not been running optimally with various obstacles in the field such as internet network access that is not smoothly, students do not have laptops or gadgets, alternate use of gadgets or laptops, limited internet quota, and limited device capacity, (4) Supervision is carried out through academic, managerial, monitoring, evaluation, and follow-up supervision from school principals and supervisors school to ensure the program runs well as previously planned.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pembelajaran Sistem Daring; Google Covid-19 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 08:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 08:16 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4442 |
Actions (login required)
View Item |