Manajemen kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan profesionalitas pendidik di Gugus 5 Kota Palangka Raya

Hamsani, Hamsani (2021) Manajemen kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan profesionalitas pendidik di Gugus 5 Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Hamsani -19013272 File 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hamsani - 19013272 File 2.pdf

Download (901kB)

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi seorang pendidik yaitu dengan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan suatu organisasi. Salah satu organisasinya yaitu Kelompok Kerja Guru (KKG). Kenyataannya di lapangan, tingkat keaktifan pendidik yang masih kurang dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan. Hal ini akan menghambat peningkatan kemampuan dan kompetensi dari para pendidik tersebut. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 5 Kota Palangka Raya.

Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 5 dan informannya Ketua, Sekretaris, beberapa anggota Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 5 dan Pengawas dari Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 5 Kota Palangka Raya. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara: kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Sedangkan analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data atau data display, kemudian penarikan kesimpulan atau data diverifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan: 1. Perencanaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 5 Kota Palangka Raya yaitu dalam menentukan dan penyusunan Progam Umum, Program Pokok dan Program Penunjang untuk meningkatkan Profesionalitas pendidik. Sedangkan Rencana Pelaksanaan Kegiatan sudah disusun dengan baik. 2. Pengorganisasian Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 5 Kota Palangka Raya sudah dilaksanakan dengan pendelegasian/pembagian tugas dan tanggung jawab oleh semua anggota dari Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 5 tersebut. 3. Pelaksanaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 5 Kota Palangka Raya yaitu dilaksanakan sebulan sekali dengan pembahasan dan diskusi tentang metode dan perangkat pembelajaran yang baik dan efisien yang digunakan dalam pembelajaran disekolah, kurikulum yang diterapkan disekolah yaitu K-13 dan pembuatan soal-soal USBN maupun penilaian akhir semester. Sedangkan dalam pelaksanaan kegiatan terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan profesionalitas pendidik, kemudian solusi yang di gunakan dalam pemecahan permasalahan yang dihadapi. 4. Pengendalian kegiatan yang dilakukan oleh ketua sudah sangat baik dengan berbagai strategi yang dilakukan maupun upaya-upaya dalam pengendalian mulai dari perencanaan, pengorganisasian maupun pelaksanaan dari Kelompok Kerja Guru (KKG) gugus 5 tersebut. Ini terbukti dengan antusias dan semangat dari semua anggota lebih meningkat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Abstract

One of ways to improve ability and competence of an educator is to follow activity held by an organization. One of the organizations is Teacher Working Group (TWG). The fact in the field, lack of activeness of educators to follow activity often happens. This case is going to obstruct the ability and competence improvement of educators. The aim of this research is to describe and analyze planning, organizing, implementing, and controlling the Teachers Working Group activity at cluster 5 Palangka Raya City.

This qualitative descriptive research uses observation, interview, and documentation data techniques. The subjects in this study are Teacher Working Group (TWG) Cluster 5 and the informants such as chairman, secretary, and some of members of Teacher Working Group (TWG) Cluster 5, and supervisors who are on that area. The data validity examination techniques are carried out by means of: credibility, transferability, dependability, and confirmability. Meanwhile the data analysis uses several stages, namely: data reduction, data presentation or display data, then draw conclusion or data verification.

The results of research showed : 1. Planning for Teacher Working Group (TWG) activity at Cluster 5 Palangka Raya City was to determine and arrange the General Program, Principal Program and Supporting Program to improve educators personality. Meanwhile, the Activity Implementation Plan has been prepared well. 2. Organizing Teacher Working Group Activity at Cluster 5 Palangka Raya City had been carried out by delegating duties and responsibilities by all members of Teacher Working Group (TWG) Cluster 5. 3. Implementing of Teacher Working Group (TWG) Activity Cluster 5 Palangka Raya City was held for once a month by discussing about the good and efficient method and device for learning activity at school, the curriculum that was applied at school, in this case K-13, and the making of the exam questions (USBN) then also about the End of Semester Evaluation. While in activity implementation, there were barrier factor and suplementary factor in educators professionality improvement, then the solution was used to solve the problem faced. 4. Controlling toward Teacher Working Group (TWG) Activity Cluster 5 was done very well by the chairman, with various strategies and controlling efforts, start from planning, organizing and implementing of this Teacher Working Group (TWG) Cluster 5. This is proven by the enthusiastis and spirit of all members is more increase to improve the competency and capability of the educators in learning activity implementation at school. This is in line with effort to improve the educators' competence and ability.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG); Manajemen; Profesionalitas
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 23 Dec 2022 09:04
Last Modified: 23 Dec 2022 09:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4435

Actions (login required)

View Item View Item