Strategi supervisi akademik pengawas sekolah dalam meningkatkan kemampuan pedagogik guru di SMP Negeri 2 Murung Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya

Abdi, Gunawan (2021) Strategi supervisi akademik pengawas sekolah dalam meningkatkan kemampuan pedagogik guru di SMP Negeri 2 Murung Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Gunawan Abdi - 19013271 File 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Gunawan Abdi -19013271 File 2.pdf

Download (826kB)
[img] Text
Gunawan Abdi- 19013271 File 3.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas sekolah pada suatu lembaga pendidikan menjadi sesuatu yang sangat penting. Banyak sekolah yang dikenal oleh masyarakat karena prestasi akademik, diantaranya perkembangan belajar siswa yang sangat signifikan seperti nilai-nilai yang tinggi, kreatifitas yang baik, serta pembentukan karakter yang tangguh, hal itu tidak luput dari peran guru-guru di sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, faktor yang menjadi tidak kalah penting adalah mengapa guru mempunyai kemampuan yang bisa diandalkan, itu tidak terlepas dari usaha pengawas sekolah di dalam pembinaan terhadap guru.

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dibuat oleh pengawas dalam upaya peningkatan kualitas guru di SMPN 2 Murung Puruk Cahu. Pertanyaan Penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh pengawas sekolah terhadap guru di SMPN 2 Murung Puruk Cahu. (2) Bagaimana Strategi yang dilakukan oleh pengawas sekolah didalam meningkatkan kemampuan pedagogik guru di SMPN 2 Murung Puruk Cahu.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripif. Subyek penelitian ini adalah pengawas sekolah, informan penelitian kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun untuk teknik pengabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber untuk mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu yang latarnya berbeda. Analisis data yang digunakan penulis adalah merangkum, memilih hal-hal fokus penting dalam penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan supervisi dilakukan dengan melakukan kunjungan sekolah, mengatur waktu pembinaan, menentukan materi pembinaan dan melakukan kegiatan supervisi melalui pendekatan direct dan ondirect serta kunjungan kelas atau klinis (2) Strategi supervisi yang dilakukan oleh pengawas sekolah dengan merancang program pembinaan, pengelompokan guru binaan, penguatan karakter, memanfaatkan grup media sosial dan memanfaatkan waktu. Hal yang dievaluasi meliputi kemampuan pedagogik guru, manajemen waktu, dan pengembangan pembelajaran yang

Abstract

Academic supervision activities carried out by school supervisors at an educational institution are very important. Many schools are known by the public for their academic achievements, including very significant student learning developments such as high values, good creativity, and strong character formation, this is not free from the role of teachers in schools in carrying out their duties as educators. , a factor that is no less important is why teachers have reliable abilities, this is inseparable from the efforts of school supervisors in coaching teachers.

The purpose of this research is how the strategies made by supervisors in an effort to improve the quality of teachers at SMP 2 Murung Puruk Cahu. The research questions are (1) how is the implementation of supervision carried out by school supervisors towards teachers at SMP 2 Murung Puruk Cahu? (2) What is the strategy carried out by school supervisors in improving the pedagogical ability of teachers at SMP 2 Murung Puruk Cahu.

This research is a qualitative research with a descriptive approach. The subjects of this study were school supervisors, principal research informants, and teachers. Data collection methods by interview, observation and documentation. As for the data validation technique, the author uses the source triangulation technique, which checks the degree of trustworthiness of information obtained through different backgrounds. The data analysis used by the author is data reduction which the writer summarizes, selecting important focus points in the research.

The results showed: (1) Supervision was carried out by conducting school visits, arranging coaching time, determining coaching materials and conducting supervision activities through direct and ondirect approaches as well as class or clinical visits; (2) Supervision strategies carried out by school supervisors by designing coaching programs, grouping fostered teachers, strengthening character, utilizing social media groups and utilizing time evaluated include teacher pedagogical abilities, time management, and innovative and productive learning development.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi; Pedagogik;Strategi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:59
Last Modified: 20 Dec 2022 07:59
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4414

Actions (login required)

View Item View Item