Manajemen pembelajaran matematika daring pada masa pandemi covid- 19 di SMP Negeri 1 Murung Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah

hartati, Asih (2021) Manajemen pembelajaran matematika daring pada masa pandemi covid- 19 di SMP Negeri 1 Murung Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Asih Hartati - 19013267 File 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Asih Hartati - 19013267 File 2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dunia pendidikan pada tahun 2019 sedang digoncang dengan adanya COVID-19, Menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2020 tertanggal 24 maret 2020 yang berbunyi bahwa dengan adanya pandemi COVID-19 maka proses belajar peserta didik dilakukan dirumah melalui pembelajaram daring. Menindak lanjuti dari surat edaran tersebut maka SMP Negeri 1 Murung melaksanakan pembelajaran disekolah menggunakan daring dengan aplikasi zoom meeting dan google classroom tak terkecuali juga dengan mata pelajaran matematika di kelas VIIA. Tapi dalam pelaksanaanya terdapat beberapa kendala diantaranya peseta didik kesulitan dalam memahami materi, kesulitan sinyal, fokus peserta didik yang terbagi, boros kuota, nilai peserta didik yang menurun dan lainnya,dari kendala tersebut maka diperlukanlah manajemen dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas VIIA tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian pembelajaran matematika menggunakan daring dengan aplikasi zoom meeting dan google classroom pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Murung, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah guru matematika kelas VII A dan informannya Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan Peserta Didik. Pemeriksaan keabsahan data dengan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Analisis data berpedoman pada model analisis interaktif dari Miles dan Michael Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan: 1). Perencanaan pembelajaran dengan menentukan minggu efektif, penyusunan Prota dan Prosem, dan silabus dan RPP dalam pembelajaran sudah direncanakan dengan efektif dan disusun secara komprehensip.2).Pengorganisasian sudah dilaksanakan dengan efektif pendelegasian tugas dan tanggung jawab oleh Kepala Sekolah kepada guru pengampu mata pelajaran matematika kelas VII A 3). Pada pelaksanaan dengan membagi kegiatan menjadi 3 bagaian yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan daring dengan aplikasi zoom meeting dan Google Clasroom ini tedapat kendala yang dihadapi diantaranya jaringan internet yang lelet, boros quota, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi terutama pada perkalian dan pembagian bentuk aljabar dan lainnya. 4) Pengevaluasian pembelajaran matematika dilakukan dengan evaluasi hasil belajar peserta didik melalui google calssroom. Dari hasil data diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi zoom meeting dan google classroom bisa dipakai sebagai alternatif pembelajaran matematika pada masa pandemi COVID-19

Abstract

The world of education in 2019 is being shaken by COVID-19, so that learning can still be carried out by putting safety first for all parties, so that during this pandemic the minister of education and culture gave instructions to conduct learning by online or online mode. SMP Negeri 1 Murung followed up on the appeal of carrying out mathematics learning using online with the zoom meeting application and google classroom, but in reality it is not as easy as the stakeholders thought in SMP N 1 Murung. The implementation there are several obstacles including signal difficulties, difficulty using the application, wasteful quotas, declining student scores and others, from these constraints, management is required in the implementation of mathematical learning.

The purpose of this study is to describe the planning, organizing, implementation, and evaluation of mathematics learning using online with zoom meeting application and google classroom during the COVID-19 pandemic at SMP Negeri 1 Murung, Murung Raya Regency, Central Kalimantan.

This qualitative descriptive research uses data collection techniques through observation, interview, and documentation. Subjects in the study were the math teacher and his informant the Principal, The Deputy Principal of Curriculum, and the Students at SMP Negeri 1 Murung. Check the validity of data with source trianggulasi Data analysis guided by an interactive analysis model from Miles and Michael Huberman.

The results showed: 1). Mathematical learning planning is to determine the effective week, the preparation of Prota and Prosem, and the syllabus and RPP in learning is well planned and compiled comprehensively.2). The organization of mathematics learning has been carried out by delegation of duties and responsibilities by the Principal to teachers who are masters of mathematics subjects in grade VIIA . 2) Organizing mathematics learning using online during the COVID-19 pandemic at SMP Negeri 1 Murung has been carried out by delegation of duties and responsibilities by the Principal to teachers who teach mathematics subjects grade VIIA. 3) The implementation of mathematics learning is by dividing the activities into 3 like activities, namely preliminary activities, core activities and closings. In the implementation of mathematics learning using online with the application zoom meeting and Google Clasroom there are obstacles faced including a lelet internet network, wasteful quota, teachers should be required to have high creativity in learning and others 4. The evaluation of mathematics learning is done by evaluating learning in writing. From the data above can be concluded that zoom meeting application and google classroom can be used as an alternative to mathematics learning during the COVID-19 pandemic classroom can be used as an alternative to mathematics learning during the COVID-19 pandemic

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Matematika; Manajemen Pembelajaran; COVID-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:20
Last Modified: 20 Dec 2022 07:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4412

Actions (login required)

View Item View Item