Pelaksanaan evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam di SMP Eka Tjipta Semilar PT Tapian Nadengan Semilar Desa Rungau Raya Kabupaten Seruyan

Muliyana, Resmi (2019) Pelaksanaan evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam di SMP Eka Tjipta Semilar PT Tapian Nadengan Semilar Desa Rungau Raya Kabupaten Seruyan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Resmi Muliyana - 1211111573.pdf

Download (6MB)

Abstract

Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam telah melaksanakan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Eka Tjipta Semilar, namun belum di ketahui secara pasti apakah dalam persiapan dan pelaksanaan hasil evaluasi belajar telah dilaksanakan dengan baik atau belum terlaksana sesuai dengan prosedur evaluasi yang seharusnya, selain itu belum diketahui bentuk evaluasi yang digunakan.

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mendekripsikan persiapan pelaksanaan evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Eka Tjipta Semilar PT. Tapian Nadengan Semilar Desa Rungau Raya Kabupaten Seruyan. 2). Untuk mendekripsikan pelaksanaan evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Eka Tjipta Semilar PT. Tapian Nadengan Semilar Desa Rungau Raya Kabupaten Seruyan.

Metode yang digunakan dala penelitian ini adalah kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMP Eka Tjipta Semilar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dukumentasi. Pengabsahan data digunakan teknik Triagulasi yaitu membandingkan dan
mengecek balik drajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan akal yang berbeda. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu induktif mengunakan tahapan pengukuran data penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian: 1). Persiapan pelaksanaan evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Eka Tjipta Semilar PT Tapian Nadengan Semilar Desa Rungau Raya Kabupaten Seruyan sebelum guru Pendidikan Agama Islam mengadakan penilaiaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam selalu
mempersiapkan pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Eka Tjipta Semilar terlebih dahulu melihat SK/KD (Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar), indikator, dan materi pokok pembelajaran. 2). Pelaksanaan evaluasi hasil belajar Pendidikan agama Islam di SMP Eka Tjipta Semilar PT Tapian Nadengan Semilar Desa Rungau Raya
Kabupaten Seruyan yaitu guru belum melaksanakan evaluasi hasil belajar denga n baik kerena hanya mengunakan beberapa tes saja yaiyu melalui tes tertulis, dan tes lisan yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam hal
penguasaan materi yang telah diajarkan selama proses pembelajaran.

Abstract

The theachers of Islamic Education subject have carried out evaluations on Islamic Education subjects at SMP Eka Tjipta Semilar, but it is not exactly ensured whether in the preparation and implementation of learning outcomes evaluation have been carried out well or have not been carried out in accordance with the evaluation procedures that should be, besides it is not known yet the evaluation method used by teachers.

The purpose of this study is 1) To describe the preparation for evaluating the learning outcomes of Islamic Education subject at SMP Eka Tjipta Semilar, Tapian Nadengan Semilar Company, Rungau Raya Village, Seruyan District, 2) To describe the implementation of learning outcomes evaluation of Islamic Education subject at SMP Eka Tjipta Semilar Tapian Nadengan Semilar Company Rungau Raya Village Seruyan District.

The method used in the study is qualitative method. The subjects of the study were the Islamic Education subject teachers at SMP Eka Tjipta Semilar. Techniques of data collection used observation, interview, and documentation. Data presentation used Triagulation techniques, which is comparing, checking the degree of trust in information obtained through different time and reason. The technique used in analyzing data is inductive technique using the stages of measuring data, data presentation and drawing the research conclusions.

Results of the study: 1). Preparations for evaluating the learning outcomes of Islamic Education subject at SMP Eka Tjipta Semilar, Tapian Nadengan Semilar Company, Rungau Raya Village, Seruyan District. Before the Islamic Education subject teachers hold an assessment toward learning outcomes of Islamic Education subject, they always prepared the learning outcomes evaluation in Islamic Education at SMP Eka Tjipta Semilar and first observed the Competency Standards/ Basic Competencies, indicators, and main learning subject. 2). The implementation of learning outcomes evaluation of Islamic education subject at SMP Eka Tjipta Semilar, Tapian Nadengan Semilar Company, Rungau Raya Village, Seruyan District, where teachers have not conducted a good evaluation of learning outcomes because they only use a few test forms, that is through written tests and oral tests to determine the stidents' abilities in mastering the material that has been taught during the learning process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:15
Last Modified: 04 Aug 2021 08:32
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item