Perbandingan Pendekatan Lingkungan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan DI Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbuhan Paku Di SMA Muhammadiyah Tumbang Samba Tahun Ajaran 2013/2014.

Uge, Husaini (2014) Perbandingan Pendekatan Lingkungan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan DI Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbuhan Paku Di SMA Muhammadiyah Tumbang Samba Tahun Ajaran 2013/2014. Other thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (UG).pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN (UG).pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Teori (UG).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN (UG).pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELTIAN (UG).pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN (UG).pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP (UG).pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana perbedaan pendekatan lingkungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi tumbuhan paku di SMA Muhammadiyah Tumbang Samba Tahun Ajaran 2013/2014. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pendekatan lingkungan dengan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi tumbuhan paku di SMA Muhammadiyah Tumbang Samba ?
Pendekatan lingkungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilakukan adalah kuantitatif dengan menggunakan data penelitian melalui teknik; tes tertulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian di proses dengan teknik editing, coding, tabulating, analyzing, dan interpretating. Setelah itu, semua data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan disimpulkan dengan metode induktif.
Hasil tes dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan lingkungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi tumbuhan paku di SMA Muhammadiyah Tumbang Samba tidak berpengaruh. Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dari lingkungan, faktor yang datang dari diri siswa terutama kemampuan yang dimilikinya, faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai. Disamping faktor kemampuan yang dimiliki siswa juga ada faktor lain, seperti motivasi belajar, minat, perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan dan fsikis. pendekatan lingkungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran kooperatif tipe DI. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu kelas X A diberikan pembelajaran dengan pendekatan lingkungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan kelas X B diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran DI, hasil belajar siswa kelas X A diperoleh nilai rata-rata 80.67, sedangkan hasil belajar siswa kelas X B diperoleh nilai rata-rata 74.67. Hal ini ditunjukan dengan hasil perhitungan Uji ttabel dengan signifikan 5% adalah 1,701. tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi tumbuhan paku di SMA Muhammadiyah Tumbang Samba Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 0,22< t tabel 1,701. Jika t hitung≥ t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sebaliknya jika t hitung ≤ t tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima.

English
The study aims to examine the effect of environmental approach using STAD Cooperative Model toward learning achievement on edible fern plant topic of students at Muhammadiyah senior high school in 2013/2014 academic year. The problems of the study is “Is there any significant effect of environmental approach using STAD Cooperative Model toward learning achievement on edible fern plant topic of students at Muhammadiyah Tumbang Samba senior high school?
The environmental approach using STAD Cooperative Model applied was quantitative with some techniques in collecting data, namely: written test, interview, observation, and documentation. The data then were processed using five techniques, namely: editing, coding, tabulating, analyzing, and interpreting. Finally, all data then were analyzed in the form of quantitative descriptive and concluded inductively.
Test results of this study indicate that the effect of environmental approach using STAD Cooperative Model toward learning achievement on edible fern plant topic of students at Muhammadiyah senior high school low or weak. There are two factors contribute to students’ learning achievement, namely from the learners and those from outside learners. First of all, the students’ skills give significant affect toward their learning achievement. Other factors such as learning motivation, learning interest, attention, learning attitude and habit, determination and psychological also contribute to learning achievement. The result of data analysis in terms of pretest showed both experimental and control groups are homogeneous and normally distributed or have similar condition prior to the treatment in the form of environmental approach with STAD cooperative learning model for experimental group and DI cooperative learning for control group. Then, after treatment and posttest, both groups have almost similar learning achievement with 80.67 for class X-A and 74.67 for class X-B. It was shown from the t-table calculation at 5% significance with 1,701. Then, it can be concluded that there is no significant effect of environmental approach using STAD Cooperative Model toward learning achievement on edible fern plant topic of students at Muhammadiyah senior high school.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 22 Sep 2016 05:58
Last Modified: 22 Sep 2016 05:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item