Pengaruh Media Animasi melalui metode Simulasi Terhadap Kemampuan Bekerjasama dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Koordinasi di kelas IX MTs Muslimat NU

Resma, Yuni Arti (2014) Pengaruh Media Animasi melalui metode Simulasi Terhadap Kemampuan Bekerjasama dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Koordinasi di kelas IX MTs Muslimat NU. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (RY).pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan (RY).pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian (RY).pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode (RY).pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil (RY).pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup (RY).pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Media animasi merupakan kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupasehingga menghasilkan gerakan, mewujudkan ilusi bagi pergerakan dengan memaparkan atau menampilkan satu urutan gambar yang berubah sedikit demi sedikit (progressively) pada kecepatan yang tinggi Animasi digunakan untuk memberi gambaran pergerakan bagi sesuatu objek. Ia membolehkan sesuatu objek yang tetap atau static dapat bergerak dan kelihatan seolah-olah hidup. Apakah penerapan media animasi melalui metode simulasi pada materi Sistem Koordinasi berpengaruh terhadap kemampuan bekerjasama siswa di kelas IX MTs Muslimat NU, apakah penerapan media animasi melalui metode simulasi pada materi Sistem Koordinasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas IX MTs Muslimat NU.
Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Yang dilaksanakan di MTs Muslimat NU Palangka Raya tahun ajaran 2013/2014. Subjekpenelitianinipadakelas IXb, IXcdenganjumlah 35, 36 orang siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini: 1). Hasilbelajarsiswa, instrument tes terdiri dari 50 butir soal pilihan ganda yang diuji cobakan pada kelas IXa, 2) Lembar pengamatan kerjasama siswa.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil suatu kesimpulan uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh yang siginifikan hasil belajar siswa kelas IX MTs Muslimat NU pada materi Sistem Koordinasi dengan menggunakan animasi melalui metode simulasi dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, hal ini dapat dilihat berdasarkan thitung= 3,79, sedangkan ttabel = 2,042. Dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabelyaitu 3,79>2,042, dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan dk = n–2 = 33, Dengan demikian dalam hal ini didapat ketentuan bila thitung > dari ttabel maka Ha di terima dan Ho ditolak. Nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran lebih tinggi kelas eksperimen daripada kelas kontrol.Siswa yang belajar di kelas eksperimen dengan menggunakan media animasi melalui metode simulasi memiliki nilai rata-rata 72 sementara siswa yang belajar di kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 60. Dari hasil penelitian dapat diperoleh nilai rata-rata kemampuan bekerjasama siswa untuk pertemuan ke 1 sebesar 67,23%, pertemuan ke 2 sebesar 60,6%, Sehingga rata-rata keseluruhan berjumlah 78,71429% dengan katagori kuat bekerjasama

English
Animation medium is a collection of pictures which are managed in such a way so that it produces movement, make illusion for the movement by displaying sequences of pictures which change little by little (progressively) in high speed. The animation is used to give the description of the movement of an object. This allows the constant or static object to be able to move or be as if it is alive. Can the implementation of animation media through simulation method in the topic of the system of coordinating improve the ability of cooperating of the students at Class IX of MTs Muslimat NU, can the implementation of animation media through simulation media in the topic of the system of Coordinating have an influence on high level thinking through the item from C3, and C4, the students of Class IX MTs Muslimat NU.
The study uses quantitative approach which is conducted at MTs Muslimat NU Palangka Raya in academic year 2013/2014. The subject of the study 35, and 36 students of classIXbandIXc. The instrument to be used are: 1) the learning outcomes of the students the test instrument consists of 50 test items which are tired out in class IXa, 2) the observation sheet of the students cooperation.
Based of the result of analysis and discussion, it can be concluded that the hypothesis test indicating that there is a significant of the learning outcomes of the students of Class IX MTs Muslimat NU in the topic of the System of Coordinating using animation through simulation compared to learning conventional. This can be seen from tcalculation = 3.79, while t table = 2,042. It can be stated that t calculation > t table namely, 3.79 > 2,042 with the level of significance ɑ = 0.05 and the degree of freedom is df = n -2 = 33. Therefore, there is a rule: t calculation > t table Ha ia accepted and and Ho is rejected. The average score achievied by the students after learning is higher in the experiment class than in control class. The students learning in experimental class using animation media through simulation have the average score 72. While the students in control class using conventional method have the average score 60. From the study, it is obtained the average score of the ability of the students in cooperating from meeting I IS 84.08%, Meeting 2 IS 85.85%. the general average score is 56.64 with strong category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 21 Sep 2016 09:21
Last Modified: 21 Sep 2016 09:21
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item