Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Kumai Tahun Ajaran 2014/2015

Sari, Ratna (2015) Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Kumai Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak RS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini melihat bagaimana pengaruh pembelajaran dengan pendekatan CTL pada pokok bahasan Pencemaran lingkungan di SMANegeri1 Kumai Tahun Ajaran 2014/2015. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pencemaran lingkungan di SMANegeri1 Kumai?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen.Pengumpulan data, penelitian ini menggunakan Metode tes.Adapunteknik yang digunakan untuk menganalisa data penulis menggunakan rumus Product moment digunakan untukmengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pencemaran lingkungan, dan N-Gain digunakan untuk mengukurhasil belajar.
Hasi lpenelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajaran antara kelas eksperimen dan kelas control yaitu pada kelas kontro lmemperoleh hasil pre-test 42,65danpos-test 68,04sedangkan kelas eksprimen hasil pre-test 35,25 dan hasil pos-test nya 74,85. Perhitungan tes nilai rata-rata pos-test menunjukan harga t-hitung sebesar 4,230, sedangkan harga t-tabel untuk dk=65 dengan tarafsignifikan 5% adalah sebesar 1,671.

Harga t-hitung yang lebih besar dari pada t-tabel menyebabkan hipotesis kerja (Ha) memenuhi kriteriadan hipotesis nihil (Ho) ditolak.Perbedaan yang signifikansi membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL pada pokok bahasan pencemaranlingkunganadapengaruh baik terhadap hasil belajarnya, dan hasil belajarnya juga meningkat.Oleh karena itu,penulis menyarankan agar pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL dapat diterapkan pada konsep lain atau pada mata pelajaran lain.

ABSTRACT

This study viewed about how was the effect of teaching by CTL on environment pollution topic at SMA Negeri 1 Kumai on Academic Year 2014/2015. The problem of the study is to find whether any effect of the CTL approach usage toward students’ achievement on environment pollution topic at SMA Negeri 1 Kumai.
This study used quantitative approach and its kind was quasi-experiment. In collecting the data, this study used test method. While the technique used to analyze the data, the writer used product moment formula which applied to know the influence of students’ achievement.

Result of the study showed that there was significant difference of experiment class and control class achievements; the control class gained 42.65 of pre-test result and 68.04 of post-test, while experiment class gained 35.25 of pre-test result and 74.85 of pos-test. The calculation tests of post-test mean score showed t-count on 4.230, while t-table of dk=65 on significant level of 5% was 1.671.

t-count score was higher than t-table which caused alternative hypothesis (Ha) fulfilled the criteria and null hypothesis was rejected. The significant difference showed that teaching by using CTL approach on environment pollution topic gave good influence to the achievement, where the achievement has improved. So, the writer suggested using CTL approach in teaching where it can be implemented to other concepts or other subjects.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :pembelajaran; CTL; Eksperimen; Pencemaran lingkungan; hasil belajar.
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 19 Sep 2016 03:13
Last Modified: 19 Sep 2016 03:13
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item