Jahrian, Jahrian (2014) Pengaruh Metode Karyawisata pada Konsep Ekosistem terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Darul Ulum Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (JA).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN (JA).pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA (JA).pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN (JA).pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN (JA).pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PEMBAHASAN (JA).pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI PENUTUP (JA).pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada konsep ekosistem ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami materi yang diajarkan, karena materinya berhubungan dengan lingkungan sedangkan ruangan kelas tidak bisa dijadikan sebagai sumber belajar melainkan hanya sebagai tempat belajar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode karyawisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata pada konsep ekosistem terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Ulum Palangka Raya dan mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi dengan metode karyawisata pada konsep ekosistem.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desaian penelitian ini bersifat Non-Equivalent Control Group Pretest-Postest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Darul Ulum Palangkaraya Tahun Ajaran 2013/2014, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 34 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-B yang berjumlah 36 orang sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen yaitu tes soal yang terdiri 33 butir soal pilihan ganda, lembar pengamat aktivitas siswa dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Independent sample t test SPSS for windows versi 17.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran metode karyawisata adalah 69,16 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 67,26. b. Aktivitas siswa yang paling tinggi nilai persentasenya adalah kelompok 1 pada pertemuan pertama dengan nilai persentase 31,78%. c. Penggunaan metode karyawisata pada konsep ekosistem tidak berpengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Ulum Palangka Raya, hal ini dapat dilihat dari nilai sig = 0.405 lebih besar dari alpha = 0.05(sig ≥ α = 0.05), maka dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima.
English
The students’ difficult understanding material made them gaining low of students’ achievement on the ecosystem concept. It was because the material relate to the environment. Classroom cannot be source of learning, but only for place of study. One of the learning methods is field trip method. The objectivities of the study are to know the effect of field trip method to the ecosystem concept toward students’ achievement of seventh grade of MTs Darul Ulum Palangka Raya and to know the students activity on the biology subject using field trip method on the ecosystem concept.
The research of the study used quantitative approach with quasi experiment by Non-Equivalent control Group Pretest-Posttest. The population of the study was students of seventh grade of MTs Darul Ulum Palangka Raya academic Year 2013/2014. The sample of the study was 34 students of VII-A grade as the experimental group, and 36 students of VII-B as control group. The instrument of the study to gain the data were 33 test using items multiple choice, students worksheet and documentation. Analysis data used Independent sample t test SPSS for windows versi 17.0
The result of the study: (a) average of students’ achievement in the class using field trip method on student is 69,19, higher than of average students achievement using conventional method is 67,26. (b) The highest percentage of students’ activity is group number 1 on the first meeting, 31,78 %. (c) Implementation of field trip method on the ecosystem concept was significant influence to the students’ achievement on seventh grade of MTs Darul Ulum Palangka Raya, this can be seen from the value sig = 0.405 greater than alpha = 0.05(sig ≥ α = 0.05), It can be concluded Ha rejected and Ho accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 07:01 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 07:01 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/166 |
Actions (login required)
View Item |