Patoni, Ahmad (2015) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi PAI pokok bahasan Sumber Hukum Islam di SMAN 3 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (AP).pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (AP).pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (AP).pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (AP).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V (AP).pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi belajar adalah suatu keadan dalam diri siswa yang mendorong siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran dan mengarahkan perilaku belajar siswa pada tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengalami proses belajar mengajar, dalam penelitian ini lebih fokus kepada ranah kognitif. Permasalahan yang akan diteliti adalah (1) Bagaimana pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Quiz Team pada materi PAI pokok bahasan sumber hukum Islam di SMAN 3 Palangka Raya? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi Quiz Team pada materi PAI pokok bahasan sumber hukum Islam di SMAN 3 Palangka Raya? (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Quiz Team pada materi PAI pokok bahasan sumber hukum Islam di SMAN 3 Palangka Raya? (4) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi Quiz Team dan hasil belajar siswa pada materi PAI pokok bahasan sumber hukum Islam di SMAN 3 Palangka Raya?
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang beragama Islam kelas X di SMAN 3 Palangka Raya sebanyak 6 kelas (238 siswa). Adapun dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling, peneliti hanya mengambil 2 kelas yaitu kelas X1&2 dan X5&6 yang berjumlah 76 siswa. Langkah pengolahan data yaitu Editing, Coding, Tabularing, dan Analizing. Pengumpulan data menggunakan teknik Angket, Tes dan Dokumentasi. Kemudian uji hipotesis dengan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan pembelajaran berada pada kategori cukup baik, dengan hasil rubrik penilaian berada pada rata-rata 3. (2) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi Quiz Team di SMAN 3 Palangka Raya pada kualifikasi sangat tinggi hal ini berdasarkan dari data angket responden yang menunjukkan angka sekitar 81-100 dan juga terbukti dengan hasil mean (rata-rata) sebesar 85,55. (3) Hasil belajar siswa pada materi PAI pokok bahasan sumber hukum Islam di SMAN 3 Palangka Raya termasuk pada kriteria cukup. Hal ini berdasarkan analisa data yang diperoleh dari hasil tes belajar siswa yang menunjukkan angka sekitar antara 70-79 dan juga terbukti dengan hasil mean (rata-rata) sebesar 76,26. (4) Berdasarkan hasil perhitungan product moment, bahwa variabel X (motivasi belajar) dan variabel Y (hasil belajar siswa) terdapat pengaruh tetapi dalam kategori rendah. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rxy = 0,358 yang berada pada interpretasi 0,20-0,40. Berarti nilai r hitung = 0,358 lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% (0,232) maupun pada taraf signifikan 1% (0,302). Jadi, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (H0) di tolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: motivasi; belajar; PAI; SMAN 3 Palangka Raya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 02:35 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 02:52 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/125 |
Actions (login required)
View Item |