Na'imi, Muslimah (2014) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bio-Entrepreneurship (BEP) Berbasis Eksperimen Terhadap Minat Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Materi Bioteknologi. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (NM).pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan (NM).pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Kajian (NM).pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metode (NM).pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4 Hasil (NM).pdf Download (632kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa proses belajar mengajar di MTs Darussalam guru-guru masih menggunakan metode konvensional, guru tidak pernah mengajak siswa untuk bereksperimen sehingga siswa MTs Darussalam mengatakan bahwa pelajaran biologi membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa, keterampilan proses sains siswa dan pengaruh minat belajar siswa pada materi bioteknologi dengan menggunakan pendekatan Bio-Entrepreneurship (BEP) berbasis eksperimen. Penelitian ini telah di lakukan pada siswa kelas IX MTs Darussalam Catur Karya Kabupaten Kapuas yang berjumlah 50 orang. teknik yang digunakan dalam pengumpulan sampel pada penelitian ini adalah Purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Pengumpulan data, penelitian ini menggunakan Tes, Angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisa data penulis menggunakan beberapa rumus, antara lain: Rating scale digunakan untuk mengukur minat dan keterampilan, Product moment digunakan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap keterampilan proses sains, dan N-Gain digunakan untuk mengukur hasil belajar.
Adapun hasil penelitian ini adalah: Minat belajar siswa keseluruhan berjumlah 69% dengan katagori berminat dan ketarampilan proses sains berjumlah 78,12% dengan katagori berhasil. Adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap keterampilan proses sains dengan menggunakan pendekatan Bio-Entrepreneurship (BEP) berbasis eksperimen materi bioteknologi pada siswa kelas IX semseter 1 MTs Darussalam Catur Karya Kabupaten Kapuas. Untuk hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tradisional dan eksperimen menggunakan pendekatan BEP berbasis eksperimen menunjukan perbedaan nilai rerata, Nilai pretes pada pada kelas kontrol sebesar 37,87 sedangkan kelas eksperimen sebesar 35,87. Selanjutnya dilihat dari peningkatan nilai hasil belajar belajar siswa dari postes, skor pada kelas ekperimen sebesar 75,73 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67,73.
English
Based on observations data showed that the teaching and learning process in MTs Darussalam teachers are still using conventional methods teachers never encourage students to experiment so that students MTs Darussalam said that the boring biology lesson. This study aims to determine student interest, students' science process skills and the effect of student interest in biotechnology material using BioEntrepreneurship approach (BEP) based experiments. This research has been done in class IX MTs Darussalam Chess Kapuas work totaling 50 people. The technique that was used in the collection of the sample in this study was purposive sampling.
This study used a quantitative approach and the type of research is quasi-experimental. Collecting the data, this study uses several techniques, namely: Test, questionnaire, interview and documentation. The techniques that were used to analyze the data the authors use several formulas, among others: Rating scale used to measure the interest and skills, Product moment is used to determine the effect of the interest in learning the science process skills, and N-Gain is used to measure the learning outcomes.
The findings of this study are: Value of the overall students’ interest in the category amounted to 69% interest and science skill process amounted to 78.12% with the successful category. The effect of students' interest in learning science process skills by using the approach of Bio-Entrepreneurship (BEP) experiments based biotechnology material in class IX in the first semester of Islamic junior high school Darussalam Kapuas. For the learning outcomes of students’ grade control using traditional and experimental learning approach based BEP experiments showed differences mean value, Pretest values in the control class is 37.87 while the experimental class was 35.87. Furthermore, seen from the increase in the value of the learning outcomes of students' learning posttest, the score on the experimental class was 75.73 while the control class is 67.73.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 02:16 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:16 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/124 |
Actions (login required)
View Item |