Salimah, ST. (1993) Peranan Pendidikan Keterampilan dalam Pembinaan Kesejahteraan Anak Putus Sekolah pada Panti Asuhan Anak Majar Tabela Kotamadya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
104_ST. SALIMAH_8715003821_1993.pdf Download (9MB) |
Abstract
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa tiap --tiap Oleh bedakan jenis kelamin, memperoleh warga negara berhak mendapat pengajaran. karena itu tanpa membeda tingkat ekonomi, status sosial dan lain sebagainya mempunyai kesempatan yang sama untuk pendidikan, baik melalui lembaga pendidikan sekolah maupun lembaga pendidikan luar sekolah.
Anak Lembaga pendidikan pada Panti Asuhan Majar Tabela Kotamadya Palangkaraya, sebagai salah satu lembaga pendidikan luar sekolah yang memberikan layanan pendidikan, untuk membina anak kurang mampu atau putus sekolah, dengan berbagai jenis keterampilan an yaitu keterampilan automotiv, pertu kangan ka kayu dan menjahit dengan maksud agar mereka menguasai salah satu jenis keterampilan untuk membuka lapangan kerja baru.
Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa pelaksanaan pendidikan keterampilan sangat menen tukan bagi peningkatan kesejahteraan anak putus sekolah, dengan rumusan hipotesa : Pelaksanaan pendidikan keterampilan mempunyai peranan dalam pembinaan kesejahteraan anak putus sekolah dan ada hubungan positif antara pelaksanaan pendidikan dengan pembinaan kesejahteraan anak putus sekolah pada Panti Asuhan Anak Majar Tabela Kotamadya Palangkaraya.
Dalam penelitian ini digunakan tehnik populasi karena jumlahnya terbatas yaitu 50 orang siswa. Sedangkan tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dan cara pengolahan data diawali dengan mengedit data kemudian memberi kode sesuai dengan klasifikasi data untuk dimuat dalam tabel frekuensi. Sedangkan tehnik analisa data untuk menguji hipotesa dengan rumus koefisien korelasi Product Moment (r xy).
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksa-naan pendidikan keterampilan pada Panti Asuhan Anak Majar Tabela, yang dilihat dari keaktifan instruktur menurut siswa, ketepatan metode yang digunakan serta keaktifan siswa mengikuti mengikuti kegiatan pendidikan keterampilan sudah terlaksana 42 baik.
Kemudian mengenai pelaksanaan pendidikan keterampilan dalam pembinaan kesejahteraan anak menunjukkan hubungan positif yong tinggi, karena ha-sil perhitungan koefisien korelasi Product Moment r xy = 0 ,851>0,273 nilai r tabel Product Moment r xy 5% urutan ke 50.
Dengan demikian pelaksanaan pendidikan keterampilan mempunyai hubungan dengan pembinaan kesejahtera an anak putus sekolah. Artinya pendidikan keterampilan mempunyai hubungan positif yang tinggi dengan pembina an kesejahteraan anak putus sekolah pada Panti Asuhan Anak Majar Tabela Kotamadya Palangkaraya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Anak Putus Sekolah; Keterampilan; Pendidikan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | marina marina daniaty |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 05:09 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 05:14 |
| URI: | https://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
