Penerapan metode resitasi dan drill pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi adab di tempat ibadah dan tempat umum siswa kelas V di M.I.S. Miftahul Huda I Palangka Raya

Rahmah, Rahmah (2016) Penerapan metode resitasi dan drill pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi adab di tempat ibadah dan tempat umum siswa kelas V di M.I.S. Miftahul Huda I Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya oleh Saudari Siti Jumiah program studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Palangka Raya tahun 2011 dengan judul penelitian: Penerapan Metode Demonstrasi dan Drill Pada Mata Pelajaran PAI SDN 3 Nanga Bulik Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau, disimpulkan bahwa guru a) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), b) metode mengajar yang digunakan dalam pembelajaran PAI SDN 3 Nanga Bulik adalah metode demonstrasi dan drill. Hal ini menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian yang sama mengenai penerapan metode drill namun pada mata pelajaran yang berbeda yakni mata pelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Ibtidaiyah, selain itu juga peneliti melakukan penelitian mengenai penerapan metode resitasipada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Permasalahan dalam penelitian ini meliputi:1) Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan metode Resitasi dan Drill pada mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum. 2) Faktor apa yang mendukung dalam penerapan metode Resitasi dan Drill pada mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum. 3) Faktor apa yang menghambat dalam penerapan metode Resitasi dan Drill pada mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu adalah satu orang guru bidang studi mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MIS Miftahul Huda I Palangka Raya dengan Objek penelitian yaitu penerapan metode resitasi dan drill pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum kelas V MIS Miftahul Huda I Palangka Raya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, diabsahkan melalui teknik tringulasi dan dianalisis dengan tahapan reduksidata, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui guru menerapkan metode resitasi dan drill pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum sesuai dengan yang tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam menerapkan metode resitasi guru sudah melalui 3 fase yang harus dilakukan yaitu: 1) guru memberikan tugas/soal, 2) anak didik mengerjakan tugas yang diberikan, dan 3) siswa mempertanggung-jawabkan apa yang telah dipelajari.. Untuk materi Adab Tempat Umum, metode drill tidak diterapkan. Guru lebih menekankan pada sebab dan akibat apabila seseorang menjalankan atau melanggar adab di tempat umum.

Faktor yang mendukung dalam penerapan metode resitasi dan drill pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum adalah: Tujuan pembelajaran, buku paket yang tersedia, usia murid, sumber daya manusia, dan materi yang berkaitan langsung dengan perilaku kehidupan sehari-hari. Selain itu Faktor yang mendukung dalam penerapan metode drill pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum adalah: kelebihan yang dimiliki oleh metode drill, yaitu memiliki keterampilan yang lebih tinggi, bahan yang diberikan teratur, adanya pengawasan, bimbingan dan koreksi yang diberikan oleh guru. Pengetahuan dan keterampilan siap yang telah terbentuk sewaktu-waktu dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Faktor yang menghambat dalam penerapan metode resitasi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum adalah: Kemampuan siswa yang berbeda, sifat malas dalam diri siswa, tugas yang diberikan dianggap sebagai beban dan tidak diminati oleh siswa, kurangnya rasa tanggung jawab pada diri siswa, sehingga terkadang lupa untuk mengerjakan tugas yang diberikan, kurangnya dukungan dari orang tua. Sedangkan Faktor yang menghambat dalam penerapan metode drill pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum adalah: Murid belum terbiasa melakukan latihan yang diberikan oleh guru, materi latihan tidak sesuai dengan kemampuan murid, guru tidak mampu memberikan contoh praktik yang jelas, metode drill memiliki kelemahan-kelemahan seperti latihan yang dilakukan secara berulang merupakan hal yang monoton sehingga membosankan bagi siswa. Pada pelajaran menghafal siswa tidak bisa menghafal dengan baik karena metode ini tidak memerlukan berproses berpikir secara logis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; metode drill; metode resitasi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 15 Nov 2017 02:28
Last Modified: 15 Nov 2017 02:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item