Metode pembelajaran pendidikan akhlak pada siswa MTs Muslimat NU Palangka Raya

Masmulkah, Masmulkah (2017) Metode pembelajaran pendidikan akhlak pada siswa MTs Muslimat NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Masmulkah.pdf

Download (838kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari metode berarti langkah-langkah strategi dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Bila dihubungkan dengan pendidikan, maka strategi tersebut harus diwujudkan dalam proses pendidikan, dalam rangka pengembangan sikap mental dan kepribadian agar peserta didik menerima pelajaran dengan mudah, efektif dan dapat dicerna dengan baik.Metode pendidikan Islam dalam penerapannya banyak menyangkut permasalahan individu atau sosial peserta didik dan pendidik itu sendiri, sehingga dalam menggunakan metode seorang pendidik harus memperhatikan dasar-dasar umum metode pendidikan Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Metode yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan akhlak siswa MTs Muslimat NU palangkaraya? 2) Penerapan metode pembelajaran pendidikan akhlak siswa MTs Muslimat NU palangkaraya? 3) Kesesuaian pemilihan metode tersebut dengan tujuan pembelajaran pendidikan akhlak siswa MTs Muslimat NU palangkaraya?

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 1 orang guru mata pelajaran Aqidah Akhlak MTs Muslimat NU palangkarayadan kepala sekolah serta siswa kelas VIII sebagai informan, untuk menambah kevalidan data yang digali oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data: data collection, data reduction, data display, dan Conclusion Drawing/verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan akhlak pada siswa MTs Muslimat NU palangkaraya adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode resitasi/penugasan. (2) Penerapan metode pembelajaran pendidikan akhlak pada siswa MTs Muslimat NU telah dilakukan oleh guru R dengan baik dan sistematis sesuai ketentuan, karena dalam mengajar guru R selalu menggunakan RPP dan mengikuti langkah-langkah dalam penggunaan metode mengajar selalu dilaksanakan dengan baik. (3) Kesesuaian pemilihan metode tersebut dengan tujuan pembelajaran pendidikan akhlak pada siswa MTs Muslimat NU palangkaraya, dapat dikatakan sesuai, karena setiap akan mengajar R selalu membuat RPP dan merancang metode sesuai dengan materi pelajaran dan tujuan yang akan dicapai, terutama dengan tujuan pembelajaran pendidikan akhlak pada siswa MTs Muslimat NU palangkaraya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran pendidikan akhlak; pembelajaran akhlak; pendidikan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 14 Nov 2017 02:49
Last Modified: 14 Nov 2017 02:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item