Lingkungan pendidikan menurut Al-Qur’an surah asy-Syu’ara ayat 18 dan al-Kahfi ayat 46 kajian tafsir Ibnu Katsir

Azqia, Hidayatul (2017) Lingkungan pendidikan menurut Al-Qur’an surah asy-Syu’ara ayat 18 dan al-Kahfi ayat 46 kajian tafsir Ibnu Katsir. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Hidayatul.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman dalam membimbing ataupun mengasuh anak sehingga menjadi seorang manusia yang diharapkan pula oleh al-Quran. Dalam hal ini peran lingkungan pendidikan sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter positif anak, mengingat perilaku anak pada saat ini sangat beragam, ada yang baik dan ada juga yang tidak baik dan bahkan sangat buruk. Dalam al-Quran banyak terdapat ayat yang berhubungan dengan lingkungan pendidikan. Diantaranya adalah al-Quran surah asy-Syu’ara:18 dan al-Kahfi: 46. Ayat tersebut dipahami oleh para ahli tafsir sebagai ayat yang terkait dengan lingkungan pendidikan. Dari latar belakang di atas, rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh anak dan lingkungan pendidikan menurut al-Quran surah asy-Syu’ara: 18 dan al-Kahfi: 46?

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian yang mengumpulkan data atau keterangan melalui bahan-bahan pustaka sebagai sumber tertulis dengan cara pengumpulan data, mengadakan penelaahan terhadap referensi-referensi yang relevan dengan permasalahan yang terkait. Kemudian dianalisis dengan metode maudhu’i, yaitu metode tafsir yang pembahasannya berdasarkan tema-tema tertentu yang terdapat dalam al-Quran. Sebagai penunjang ditambahkan pendapat-pendapat para ahli tafsir untuk memperkaya analisis.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dalam al-Quran surah asy-Syu’ara: 18 dan al-Kahfi: 46 terkandung penjelasan mengenai pola asuh anak dan lingkungan pendidikan, yang membawa pengaruh besar terhadap pembentukan kepribadian anak. Dalam hal ini yang digarisbawahi adalah pentingnya peran seorang ibu dalam membentuk kepribadian anak. Pada prakteknya, pola asuh anak tidak lepas dari peran orangtua yang selalu mengingatkan, membimbing dan mengarahkan agar anak tidak terpengaruh oleh berbagai macam lingkungan yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; lingkungan; pola asuh
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:48
Last Modified: 14 Nov 2017 01:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item