Penerapan model TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) terhadap kreativitas dan metakognisi peserta didik pada materi elastisitas bahan

Wahyuni, Sry (2017) Penerapan model TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) terhadap kreativitas dan metakognisi peserta didik pada materi elastisitas bahan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sry W.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidak ada peningkatan yang signifikan kreativitas peserta didik setelah penerapan model thinking aloud pair problem solving pada materi elastisitas bahan, (2) ada atau tidak ada peningkatan yang signifikan metakognisi peserta didik setelah penerapan model thinking aloud pair problem solving pada materi elastisitas bahan, (3) ada atau tidak ada hubungan signifikan antara kreativitas terhadap metakognisi peserta didik setelah penerapan model pembelajaran thinking aloud pair problem solving pada materi elastisitas bahan, (4) aktivitas peserta didik menggunakan model thinking aloud pair problem solving pada materi elastisitas bahan dan aktivitas guru menggunakan model thinking aloud pair problem solving pada materi elastisitas bahan.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penilitiannya menggunakan pre-eksperimental design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas XI MIPA 2 MAN Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilakasanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan September 2017. Instrumen yang digunakan adalah tes kreativitas, angket metakognisi, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan lembar pengamatan aktivitas guru.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat peningkatan yang signifikan kreativitas peserta didik setelah penerapan model thinking aloud pair problem solving pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai signifikan 0,000 , dengan skor rata-rata pretest kreativitas peserta didik adalah 17,30, skor rata-rata posttest kreativitas adalah 52,90 dan skor rata-rata N-gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang (2) Terdapat peningkatan yang signifikan metakognisi peserta didik setelah penerapan model thinking aloud pair problem solving dengan nilai signifikan 0,000, skor rata-rata pretest sebesar 64,52, rata-rata nilai posttest sebesar 74,32 dan rata-rata N-gain sebesar 0,18 dengan kategori rendah. (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas terhadap metakognisi pada taraf signifikansi 5%, terlihat pada hubungan posttest diperoleh signifikan 0,494 dengan koefisien korelasi -0,130 dengan kategri sangat lemah (4) Aktivitas peserta didik dengan nilai rata – rata 71,27 kategori cukup baik dan Aktivitas guru dengan nilai rata-rata 3,81 kategori baik.

ABSTRACT

This study was aimed to know : 1) whether there is or no significant increas of creativity of students, 2) whether there is or no significant increase of metacognition of students, 3) whether there is or no correlation between creativity toward metacognition of students, 4) students’ activities andt eacher’s activities trought thinking aloud pair problem solving learning model on material elastisity topic.

This study was designed in experimental method with pre-eksperimental design. The purposive sampling is used, and the samples were taken from eleventh grade XI MIPA 2 at MAN Kota Palangka Raya. The study was conducted at MAN Kota Palangka Raya on July until September 2017. The instruments that have been used are test of creativity, metacognition’s questionnaire, observational note of students’ activities and observational note of teacher’s activities.

The result findings showed that: 1) there is significant increase of creativity after implementing thinking aloud pair problem solving model at a significance level of 0,05 with significance 0,000 with mean score of pretest 17,30, mean score of posttest 52,90 and mean score of N-gain 0,43 as fair category ; 2) there is significant increase of metacognition of student after implementing thinking aloud pair problem solving model with significance 0,000 with mean score of pretest 64,52, mean score of posttest 74,32 and mean score of N-gain 0,18 as low category; 3) there is no significant correlation between creativity toward metacognition by using thinking aloud pair problem solving, that showed by significance 0,200 with pretest, correlation of creativity posttest and metacognition posttest with significance 0,494 and coefficient of correlation score -0,130, correlations of N-gain showed by significance 0,220 activities that use thinking aloud pair problem solving model showed mean score 71,27 as fair category; 4) teacher’s activities showed that use thinking aloud pair problem solving model showed mean score 3,81 as good category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Thinking aloud pair problem solving; metakognisi; elastisitas bahan; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:31
Last Modified: 10 Nov 2017 03:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item