Perbandingan model inkuiri terbimbing dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada pokok bahasan zat dan wujudnya kelas VII Semester I MTs Islamiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017

Kardiatul, Kardiatul (2017) Perbandingan model inkuiri terbimbing dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada pokok bahasan zat dan wujudnya kelas VII Semester I MTs Islamiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Kardiatul.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok bahasan zat dan wujudnya, mengkaji (2) aktivitas siswa saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok bahasan zat dan wujudnya, (3) pengelolaan pembelajaran saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok bahasan zat dan wujudnya

Penelitian ini menggunakan model rancangan The Static Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar kognitif siswa dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan pengelolaan pembelajaran. Populasi penelitian adalah kelas VII semester I MTs Islamiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, sampel penelitian adalah kelas VII-A berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII-B berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen 2. Analisis THB menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan analisis hipotesis pada post-test, gain dan N-gain THB menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada taraf signifikansi 0,05. (2) aktivitas siswa pada pembelajaran fisika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 83,61 % dan aktivitas siswa pada pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 82,25 %, (3) pengelolaan pembelajaran pada pembelajaran fisika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 82,29 % dan pengelolaan pembelajaran pada pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 82,63 %.

ABSTRACT

This research aimed to assess (1) there is no significant difference in student learning outcomes among students who had learning with guided inquiry learning model and cooperative learning model STAD type on substances and the form topic (2) examined the student's activity during the learning with guided inquiry learning model and cooperative learning model STAD type on substance and the form topic, (3) the management of learning when learning to use the guided inquiry learning model and cooperative learning model STAD type on the substances and the form topic.

This research used a model of Static Group Pretest-Posttest Design. The instrument used was student’s cognitive learning outcomes and student activity sheets observation and learning management. The research population was a class VII MTs Islamiyah first semester Academic Year 2016/2017 Palangkaraya. The research sample was grade VII-A with totaling 28 people as an experimental class 1 and class VII-B amounted to 27 people as an experimental class 2. THB Analysis used SPSS 17.0 version for windows.

The results showed that: (1) based on the analysis of the hypothesis in post-test, the gain and N-gain THB showed no significant difference between students who are taught by the teaching model guided inquiry and students taught by cooperative learning model STAD type at significance level 0.05. (2) the activity of students in physics learning with guided inquiry learning model included in both categories with a percentage of the average value of 83.61% and the activity of students in physics teaching cooperative learning model STAD included in both categories with a percentage of the average value of 82.25%, (3) management of learning in physics learning with guided inquiry learning model included in both categories with a percentage of the average value of 82.29% and the management of learning in physics teaching cooperative learning model STAD included in both categories with a percentage of the average value of 82.63%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing; model pembelajaran kooperatif tipe STAD; zat dan wujudnya; massa jenis; fisika
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0302 Inorganic Chemistry > 030206 Solid State Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 07 Nov 2017 07:06
Last Modified: 07 Nov 2017 07:06
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item