Jumriati, Jumriati (2017) Penerapan model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hukum Newton di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi Jumriatii.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran, ketergantungan siswa terhadap guru dan kurangnya variasi model pembelajaran yang dimungkinkan menjadi penyebab kurang kreatifnya siswa dan rendahnya hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) aktivitas guru menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi Hukum Newton, (2) aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi Hukum Newton, (3) terdapat atau tidak perbedaan yang signifikan keterampilan berfikir kreatif sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi Hukum Newton, (4) terdapat atau tidak perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi Hukum Newton, (5) terdapat atau tidak hubungan antara keterampilan berfikir kreatif terhadap hasil belajar (kognitif, psikomotorik dan afektif) siswa menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi Hukum Newton.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pra- Ekperimental tipe One Group Pretest-Posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berfikir kreatif dan tes hasil belajar kognitif, lembar pengamatan sikap dan keterampilan, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X semester I SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian adalah kelas X-V IPS 1 berjumlah 25 orang. Analisis data pretest dan posttest tes keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa menggunakan program SPSS versi 22.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru pada pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran problem solving termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai sebesar 93,75 %, (2) aktivitas siswa pada pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran problem solving termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai sebesar 89,80 %, (3) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berfikir kreatif sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem solving, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (4) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem solving, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (5) terdapat hubungan yang signifikansi antara keterampilan berfikir kreatif terhadap hasil belajar (kognitif, psikomotorik dan afektif) siswa menggunakan model pembelajaran problem solving dengan nilai korelasi 0,072 dengan kategori sangat rendah.
ABSTRACT
This study starting from the lack of enthusiastic students in the learning process, dependency students against the teacher and the lack of a learning model possible to be the cause of less of this creative students and low on the results of learning materials Newton Law. This study aimed to examine: (1) the activities of teachers apply a problem learning model on Newton's laws material, (2) the activity of students apply aproblem solving model onNewton's law material, (3) there is or noa difference of creative thinking skills significantly before and after using problem solving on Newton's law material, (4) there is nodifferencecognitive learning outcomes significantly before and after using the model of problem solving on materials Newton's law, (5) there is or is no a relationship between creative thinking skills to the learning outcomes (cognitive, psychomotor and affective) students use problem solving model on Newton's Law subject.
This study used a quantitative approach and the quasi-experimental type was pre-experimental design with one group pretest-posttest design. The instruments used were creative thinking skills tests, cognitive achievement tests, attitude and skillobservation sheets, teacher and student’s observation activity sheets. The population of this research was the first semester of class X SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya School Year 2016/2017, the sample of this research was X-V IPS 1 amounted to 25 people. Pretest and posttest data analysis tests of creative thinking skills and student learning outcomes used SPSS 22.0 version for Windows.
The results showed that: (1) activity on learning physics teacher applying problem solving models included into an excellent category with a value of 93.94%, (2) the activity of students in learning physics applying problem solving model included into an excellent category with a value of 89.80%, (3) there were differences of creative thinking skills significantly before and after applying problem solving model, with significant value 0.000 <0.05, (4) there was a difference of cognitive learning outcomes significantly before and after applying problem solving model, with significant value 0.000 <0.05, (5) there is a relationship significantly between creative thinking skills to the learning outcomes (cognitive, psychomotor and affective)students apply problem solving models with a value of correlation was 0.072 with very low category.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem solving; keterampilan berfikir kreatif; Hukum Newton; fisika |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 03:30 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 03:30 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/857 |
Actions (login required)
View Item |