Perbandingan penerapan macromedia flash dan media video dengan model kooperatif tipe STAD materi sistem pernapasan manusia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa Kelas VIII SMPN 12 Palangka Raya

Nur, Rahmadani (2017) Perbandingan penerapan macromedia flash dan media video dengan model kooperatif tipe STAD materi sistem pernapasan manusia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa Kelas VIII SMPN 12 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rahmadani Nur.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari sulitnya siswa dalam memahami dan menguasai materi pembelajaran yang bersifat abstrak terutama materi sistem pernapasan manusia. Hal disebabkan tidak tepatnya pemilihan strategi dalam pembelajaran serta minimnya media yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Diharapkan penggunaan media akan memudahkan siswa dalam memahami hal-hal yang bersifat abstrak tersebut menjadi lebih konkrit serta dapat meningkatkan penguasaan konsep tentang materi sistem pernapasan manusia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada perbedaan signifikan hasil belajar menggunakan macromedia flash dan media video pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia, (2) apakah ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan Macromedia Flash dan menggunakan Media Video (3) motivasi siswa menggunakan macromedia flash pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia, (4) motivasi siswa menggunakan media video pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia, (5) respon siswa setelah proses pembelajaran menggunakan macromedia flash dan media video.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif, angket motivasi belajar dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 12 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII B berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII C berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Tiap kelompok diberi perlakuan yang berbeda. Analisis data pretest dan posttest hasil belajar kognitif siswa menggunakan program SPSS versi 21.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1 adalah 60,15 dan kelas eksperimen 2 adalah 69,81. Berdasarkan analisis uji hipotesis menggunakan Independent-Samples T Test terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan macromedia flash dan media video, dengan nilai sig* 0,014 < 0,05, (2) rata-rata presentasi motivasi belajar siswa menggunakan macromedia flash sebesar 75.57% dan persentasi motivasi belajar menggunakan media video sebesar 71.9%, (3) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash umumnya senang (86%), baru (90%), dan bermanfaat (95%). Siswa juga senang (67%) jika semua pokok bahasan diajarkan dengan menggunakan macromedia flash. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media video umumnya senang (62%), baru (48%), dan bermanfaat (90%). Siswa juga senang (62%) jika semua pokok bahasan diajarkan dengan menggunakan media video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash; media video; motivasi belajar; sistem pernapasan manusia; biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:27
Last Modified: 03 Nov 2017 03:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item