Pengaruh penggunaan endorsement terhadap omzet penjualan usaha online shop di Palangka Raya

Wulandari, Sri Ayu (2017) Pengaruh penggunaan endorsement terhadap omzet penjualan usaha online shop di Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Sri Ayu.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya media Informasi di Indonesia menyebabkan banyaknya bentuk iklan dan macam iklan seperti pada media sosial Instagram. Saat ini instagram sudah merambak menjadi suatu lahan bisnis untuk seseorang mempromosikan dan menjual produk, barang atau jasa kepada pengguna instagram lainnya yang dikenal dengan sebutan online shop. Penggunaan Endorsement merupakan salah satu strategi kreatif dalam periklanan yang sering digunakan oleh para pengusaha online shop untuk memperkenalkan dan menyebarkan informasi produk yang dimiliki serta mendongkrak Omzet Penjualan secara luas dan cepat. Penelitian ini akan di fokuskan pada pengaruh penggunaaan Endorsement terhadap omzet penjualan usaha Online shop. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Endorsement terhadap Omzet Penjualan Online shop di Palangkaraya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh owner online shop di Palangka Raya yang menggunakan endorsement. Sampel yang diambil untuk mendukung penelitian ini berjumlah 40 responden dengan teknik penarikan sampel yaitu sampling jenuh. Sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan teknik kolmogorov smirnov dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan korelasi pearson product moment menggunakan program SPSS 19.0 for windows.

Hasil penelitian dengan teknik regresi sederhana menunjukan nilai t hitung = 11,462 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, berarti variabel Endorsement (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Omset Penjualan (Y). Hasil Penelitian dengan teknik korelasi pearson product moment (r) menujukan bahwa korelasi antara Endorsement dengan omzet penjualan sebesar 0,881. Berdasarkan interprestasi koefisien korelasi nilai r, maka 0,881 termasuk tingkat hubungan “sangat Kuat“ . Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan kuat antara Endorsement dengan Omzet Penjualan. Selain itu, signifikansi antara variabel Endorsement (X) dan variabel Omzet Penjualan (Y) adalah sebesar 0,000. Berdasarkan kaidah keputusan dari hipotesis, maka nilai probabilitas 0,05 lebih besar atau sama dengan nilai probabilitas sign. Atau ( 0,05 ≥ 0,000), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan Endorsement mempunyai pengaruh sebesar 77,6% terhadap variabel Omzet Penjualan, sedangkan 22.4 % lainnya dipengaruhi oleh faktor – faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh Endorsement terhadap omzet penjualan, maka peneliti memberikan saran kepada para pengusaha Online shop agar menggunakan endorsement dengan bijak, tidak berlebihan, dan tetap mengembangkan serta mengutamakan Kualitas Produk / Jasa agar konsumen attracted dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

ABSTRACT

The development of information media in indonesia resulted in many forms and kinds of advertising such as instagram social media.Instagram has become a business field for someone to promote and sell products, goods or services to other instragram users known as online shop currently. Endorsement usage is one of the creative strategies in advertaisment which was often used by the online seller to introduce and disseminate product information and boost the turnover widely and quickly.

This research will be focused on the influance of endorsement usage on business online shop turnover. This research aimed to examine the influance of endorsement usage on business online shop turnover in Palangka Raya.
This research was a quantitative descriptive. The data colloection methods were observation, questionnaires and documentation. The population of this research was all of online shop owner in Palangka Raya who had used endorsement. Supporting sample was taken from 40 respondents. The technique was saturated sampling. While prerequisite test used normality test with kolmogorov smirnov technique and the data analysis technique used was simple regression and pearson product moment correlation by using SPSS 19.0 program for windows.

The result of research with simple regression technique shows the value of t arithmetic = 11,462 with significance value 0,000 <0,05, which means that Variable Endorsement (X) has significant infulance on Sales Variable (Y). The result of this research using pearson product moment correlation (r) indicated that the correlation between endorsement with sales turnover equal to 0,881. Based on interpretation of coefficient correlation r value, then 0,881 incleded on the “very strong” relation level. This showed that there was a stong relationship between endorsement and turnover. In addition, the significance between the variable endorsement (X) and turnover (Y) is 0,000. Based on the hypothesis rules, the propability value of 0,05 was greater than or equal to the sign probablility value. Or ( 0,05 ≥ 0,000), then Ho was rejected and Ha was accepted. Endorsement has the infuance of 77.6% to turnover variables, while the other 22.4 influenced by other factors. Based on the research result showed that there was an infulance of endorsement on turnover, the researcher suggested to the online seller to use endorsement wisely, not excessive, and keep developing and prioritize on quality produts or services, so the consumer will attract on the offered products or services.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Endorsement; omzet penjualan; usaha online shop; ekonomi Islam; digital marketing
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:21
Last Modified: 19 Sep 2017 02:21
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item