Efendi, Rahmadi (2016) Model kepemimpinan kepala sekolah berlatar belakang Suku Dayak Ngaju dalam meningkatkan budaya kerja di SDN-2 Kereng Bangkirai. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi RE.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini, Kepala sekolah memiliki peran penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya, disesuaikan dengan situasi untuk dapat mempengaruhi, mengarahkan, membimbing seluruh komponen di bawah kepemimpinannya dengan mengerahkan dan mendayagunakan seluruh potensi yang ada secara maksimal demi mencapai tujuan sekolah, yang dipadukan dengan sifat-sifat kepemimpinan suku dayak ngaju untuk dapat meningkatkan budaya kerja di SDN-2 Kereng Bangkirai.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Berlatar Belakang Suku Dayak Ngaju Dalam Meningkatkan Budaya Kerja di SDN-2 Kereng Bangkirai; (2) Apa saja kendala yang dihadapi Kepala Sekolah Berlatar Belakang Suku Dayak Ngaju dalam Meningkatkan Budaya Kerja di SDN-2 Kereng Bangkirai; (3) Bagaimana solusi yang dilakukan Kepala Sekolah Berlatar Belakang Suku Dayak Ngaju dalam Meningkatkan Budaya Kerja di SDN-2 Kereng Bangkirai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, untuk dapat mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian-kejadian yang terjadi. Subjek penelitian adalah kepala SDN-2 Kereng Bangkirai, beberapa orang guru serta karyawan dan tokoh adat, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya seluruh data di analisis dengan reduksi data, penyajian data (data display) dan ditarik suatu kesimpulan. Untuk pemeriksaan keabsahan data digunakan cara uji kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Setelah diadakan penelitian mendalam tentang kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan budaya kerja di SDN 2 Kereng Bangkirai maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Model kepemimpinan yang diterapkan Kepala SDN 2 Kereng Bangkirai yaitu: 1) model kepemimpinan demokratif; situasional dan partisipatif. 2) Kendala yang dihadapi kepala SDN 2 Kereng Bangkirai, adalah: kondisi sarana dan prasarana yang kurang memadai, guru yang masih belum mampu dalam penguasaan teknologi informasi, dan masih kurangnya peran orang tua dalam membantu sekolah terutama dalam hal pembelajaran di rumah. 3) Solusi kepala sekolah dalam budaya kerja di SDN 2 Kereng Bangkirai adalah sebagai berikut: dengan melakukan perbaikan sarana prasarana. Untuk menumbuhkan semangat budaya kerja dengan cara mengikutkan guru-guru dalam pelatihan penggunaan teknologi informasi, dan juga semangat bekerjasama sesuai dengan adat dayak yaitu habaring hurung, royong, handep, manugal dan harubung dan mengadakan pertemuan secara berkala dengan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model kepemimpinan; budaya kerja; leadership model; work culture; kepemimpinan Suku Dayak ; kepala sekolah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 01:46 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 01:50 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/760 |
Actions (login required)
View Item |