Manajemen musala dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik (studi multisitus di SMPN 1 Palangka Raya, SMPN 2 Palangka Raya, dan SMPN 3 Palangka Raya)

Darmawati, Elyas (2016) Manajemen musala dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik (studi multisitus di SMPN 1 Palangka Raya, SMPN 2 Palangka Raya, dan SMPN 3 Palangka Raya). Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Tesis Elyas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Musala school should be able to function as a function of the mosque (although in a smaller scale). This time musala built in almost every junior high school in the city of Palangka Raya. Musala school can ideally be useful for learners, including in developing their emotional intelligence through various activities musala. Ideal model of management is required for handling musala well. Research conducted in three major schools in Palangka Raya is expected to gain an overview of the various models of good musala school management.

The problems of this study are (1) How are musala management in SMP Negeri 1 Palangka Raya, SMP Negeri 2 Palangka Raya, and SMP Negeri 3 Palangka Raya in developing emotional intelligence of muslim students? (2) What are the challenges faced in managing musala in SMP Negeri 1 Palangka Raya, SMP Negeri 2 Palangka Raya, and SMP Negeri 3 Palangka Raya in developing emotional intelligence of muslim students? (3) How can the strategic concept musala management to advance the development of emotional intelligence of muslim students in SMP Negeri 1 Palangka Raya, SMP Negeri 2 Palangka Raya, and SMP Negeri 3 Palangka Raya?.

This study aims to (1) describe the management of musala in SMP Negeri 1 Palangka Raya, SMP Negeri 2 Palangka Raya, and SMP Negeri 3 Palangka Raya in developing emotional intelligence of muslim students, (2) describe the challenges faced in managing musala, and (3 ) formulate strategic concept musala management to advance the development of emotional intelligence of muslim students.

This research is a qualitative descriptive field with multi-site approach. Extracting data through interviews, observation, documentation, and audio-visual recording. Data analysis was performed in two stages, namely the individual site data analysis and data analysis across sites. Whereas examination of the validity of data include credibility, transferability, dependability, and confirmability.

Based on the results of the study concluded that (1) the function of the management of musala in SMP Negeri 1 Palangka Raya, SMP Negeri 2 Palangka Raya, and SMP Negeri 3 Palangka Raya in developing emotional intelligence of students was implemented but unperfectly yet (2) the challenges faced by the line covering large areas of stewardship, program, physical condition musala, funding, and management are still traditional, and (3) the concept of strategic management is to push forward musala as a laboratory for Islamic Education

ABSTRAK

Musala sekolah seharusnya dapat berfungsi sebagaimana fungsi masjid (meskipun dalam skala yang lebih kecil). Saat ini musala dibangun di hampir setiap SMP di Kota Palangka Raya. Musala sekolah idealnya dapat bermanfaat bagi peserta didik, termasuk dalam mengembangkan kecerdasan emosional mereka melalui berbagai kegiatan musala. Model ideal pengelolaan musala diperlukan untuk penanganan musala dengan baik. Penelitian yang dilakukan di tiga sekolah besar di Palangka Raya diharapkan dapat memperoleh gambaran tentang berbagai model pengelolaan musala sekolah yang baik.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengelolaan musala di SMP Negeri 1 Palangka Raya, SMP Negeri 2 Palangka Raya, dan SMP Negeri 3 Palangka Raya dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik beragama Islam? (2) Apa saja tantangan yang dihadapi dalam mengelola musala di SMP Negeri 1 Palangka Raya, SMP Negeri 2 Palangka Raya, dan SMP Negeri 3 Palangka Raya dalam hal mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik beragama Islam? (3) Bagaimana konsep strategis pengelolaan musala ke depan dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 1 Palangka Raya, SMP Negeri 2 Palangka Raya, dan SMP Negeri 3 Palangka Raya?.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengelolaan musala di SMP Negeri 1 Palangkaraya, SMP Negeri 2 Palangkaraya, dan SMP Negeri 3 Palangkaraya dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik beragama Islam, (2) mendeskripsikan tantangan yang dihadapi dalam mengelola musala tersebut, dan (3) merumuskan konsep strategis pengelolaan musala ke depan dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif multisitus. Penggalian data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan audio visual recording. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis data situs individu dan analisis data lintas situs. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data meliputi kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) pengelolaan musala di SMP Negeri 1 Palangka Raya, SMP Negeri 2 Palangka Raya, dan SMP Negeri 3 Palangka Raya dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik sudah mengikuti pola manajemen namun masih jauh dari sempurna. (2) tantangan yang dihadapi secara garis besar meliputi bidang kepengurusan, program, kondisi fisik musala, dana, dan manajemen yang masih tradisional, dan (3) konsep strategis pengelolaan musala ke depan adalah mendorong musala menjadi laboratorium Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan musala; kecerdasan emosional; musala management; emotional intelligence; MPI
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:52
Last Modified: 30 Aug 2017 04:52
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item