Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Di MTs Darul Ulum Palangkaraya Tahun Ajaran 2016/2017

Adiyat, Luqman Farits (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Di MTs Darul Ulum Palangkaraya Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak LF.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar fisika siswa kelas IX MTs Darul Ulum Palangkaraya tahun ajaran 2016/2017 pada materi Listrik Dinamis dengan menggunakan model pembelajaran concept attainment; (2) pengelolaan pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran concept attainment pada pokok bahasan Listrik Dinamis bagi siswa kelas IX MTs Darul Ulum Palangkaraya tahun ajaran 2016/2017; dan (3) aktifitas siswa dalam penerapan model pembelajaran concept attainment pada pokok bahasan Listrik Dinamis bagi siswa kelas IX MTs Darul Ulum Palangkaraya tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian pre eksperimen. Populasi penelitian adalah kelas IX Mts Darul Ulum Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017, dan sampel penelitian adalah kelas IX-A yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, lembar pengelolaan pembelajaran, dan lembar pengamatan aktifitas belajar siswa. Analisis data menggunakan program Microsoft excel.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran concept attainment pada materi pokok Listrik Dinamis dapat menuntaskan 41,18% siswa sedangkan 58,82% siswa tidak tuntas. Selanjutnya untuk ketuntasan TPK diperoleh hasil 42,11% siswa tuntas sedangan 57,89% tidak tuntas. Jadi secara klasikal belum tuntas karena persentase siswa yang tuntas 35,29% kurang dari syarat kriteria ketuntasan minimal sekolah yaitu 70%. (2) Aktivitas siswa pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment pada materi pokok Listrik Dinamis termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 73,71%; (3) Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment pada materi pokok Listrik Dinamis termasuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata sebesar 3,48.

ABSTRACT

The purpose of this study is investigate of: (1) Student’s learning result of physic subject in IX grade of MTs Darul Ulum Palangka Raya academic year 2016/2017 in dinamic electricity learning material by using concept attainment learning model. (2) Learning management in using concept attainment learning model of dinamic electricity learning material for IX grade student of MTs Darul Ulum Palangka Raya academic year 2016/2017; and (3) Student activity when using concept attainment learning model of dinamic electricity learning material for IX grade student of MTs Darul Ulum Palangka Raya academic year 2016/2017.

This study includes quantitative with pre experimental design. The population of this study was IX grade student of MTs Darul Ulum Palangka Raya academic year 2016/2017, and the sample was in IX-A classroom and selected by purposive sampling. The instrument used in this study was the student’s learning cognitive test, learning management sheet, and student’s activity monitoring sheet. Data analysis was using mocrosoft excel program.

The result reveal that: (1) Student’s learning cognitive result using concept attainment learning model in dinamic electricity learning material, 41,18% student are passed meanwhile 58,82% are failed. Furthet more TPK mastery was failed because percentage of passed student was 42,11% this result is under the minimum criteria of TPK mastery that is 70%. (2) Student activity physic learning with concept attainment learning model in dinamic electricity learning material is could be consider of good category with average on 73,71%. (3) Learning management with concept attainment learning model in dinamic electricity learning material is avoid be consider of good category with average 3,48

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Concept Attainment; hasil belajar; listrik dinamis; fisika; Hukum Kirchoff
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029904 Synchrotrons; Accelerators; Instruments and Techniques
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:51
Last Modified: 16 Aug 2017 01:51
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item