Peranan Orang Tua Dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Anak Pada Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah I Palangkaraya

Lubis, Lubis (1993) Peranan Orang Tua Dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Anak Pada Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah I Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
088_LUBIS_8615003855_1993.pdf

Download (9MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah I Palangkaraya didirikan pada tanggal 1 Agustus 1962 oleh Yayasan Islamiyah Al-Muztahidin. Adapun faktor yang mendorong sehingga berdirinya Madrsah ini adalah karena perkembangan umat Islam di kecamatan Pahandut umumnya dan khususnya di kelurahan Pahandut Kotamadya Palangkaraya. Disampung itu pula karena belum ada sekolah khusus dalam bidang Agama pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Sejak awal berdirinya sampai penelitian dilakukan, Madrasah ini sudah smelaksanakan ujian akhir 20 (dua puluh) kali. Madrasah Ibtidaiyahiyah I Palangkaraya terletak di jalan Dr. Murjani.

Penelitian ini pada dasarnya ingin mengetahui bagaimana peranan orang tua dalam menunjang keberhasilan pendidikan anak di sekolah. Dan juga ingin ngetahui apakah ada hubungan antara peranan orang tua dengan keberhasilan pendidikan anak. Disamping itu pula, penelitian ini adalah untuk menjawab hipotesa yang berbunyi "ada hubungan yang positif antara peranan orang tua dengan keberhasilan pendidikan anak". Dan "Semakin berperan orang tua, maka semakin baik hasil pendidikan anak".

Untuk memecahkan permasalahan di atas, maka dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data tertulis dan data tidak tertulis dengan melalui beberapa teh-nik yaitu tehnik observasi, tehnik dokumenter, tehnik angket dan tehnik wawancara.

Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 325 orang yang terdiri dari orang tua dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah I Palangkaraya. Sedangkan Kepala Sekolah dan Ketua Yayasan sebagai informen. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang tua atau 25% dari populasi orang tua. Sedangkan anak diambil sebanyak 40 orang anak berdasarkan jumlah orang tua diambil sebagai sampel.

Dari hasil analisa data dapat diketahui bahwa peranan orang tua lebih banyak berada pada kategori sangat berperan (73,13%). Sedangkan nilai hasil belajar anak lebih banyak berada pada kategori cukup (70%).

Antara peranan orang tua dengan keberhasilan pendidikan anak menunjukkan ada hubungannya. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment (r) diketahui bahwa nilai r diperoleh sebesar 0,475. Sedangkan nilai r tab. dengan d.b. 40, maka diperoleh nilai sebesar 0,312 pada taraf kepercayaan 5%. Dengan demikian bahwa nilai r lebih besar jikan dibanding dengan nilai r tab. (0,475 > 0,312) berarti menunjukkan bahwa antara variabel X (peranan orang tua ) dengan variabel Y (hasil belajar anak) ada hubungan yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak; Peran Orang Tua ;Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 15 Aug 2025 05:32
Last Modified: 15 Aug 2025 05:32
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6019

Actions (login required)

View Item View Item