Isiana, Lilia (1993) Studi Tentang Peranan Orang Tua Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Anak Pada SLB Negeri Bagian C Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
086_LILIA ISIANA_8815008788_1993 (1).pdf Download (12MB) |
Abstract
Peranan orang tua mempunyai mempunyai keterkaitan dengan kegiatan belajar anak. karena peranan orang tua diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar yang juga ada keterkaitannya dengan prestasi belajar anak. Dengan adanya keterkaitan antara ketiga variabel tersebut. dilakukan penelitian di SLB Negeri Bagian C Palangka Raya dengan judul "Studi Tentang Peranan Orang Tua Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Anak Pada SLB Negeri Bagian C Palangka Raya"
Untuk meneliti bagaimana peranan orang tua dalam menunjang kegiatan belajar anak, dan adakah hubungan antara kegiatan belajar dengan prestasi belajar anak, inilah yang menajadi permasalahan dalam penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara orang tua dengan kegiatan belajar anak, dan untuk mengetahui adakah hubungan antara kegiatan belajar dengan prestasi belajar anak.
Dalam memecahkan permasalahan di atas perlu yang orang, dikumpulkan data tertulis dan data tidak tertulis, menjadi sampel dalam penelitian ini sebayak 47 yaitu 100 % dari jumlah populasi, selain itu kepala sekolah guru guru, kepala TU dan karyawan sebagai informan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulam data adalah meliputi dokumentasi, observasi, angket dan interview, sedangkan analisa data dan pengujian hipotesa menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara peranan orang tua terhadap kegiatan belajar anak terdapat hubungan yang signifikan dimana r = 0.927. kemudian dikonsultasikan dengan tabel kritik dari r Product Moment dengan N = 47 pada taraf kepercayaan 90 % rt= 0,288 maka hasilnya r= 0,927 lebih besar dibandingkan dengan r pada tabel 35% rt = 0,288,sehingga hipotesa pertama yang diajukan dapat diterima menyakinkan. Sedangkan hasil penelitian antara kegiatan belajar dan prestasi belajar anak juga terdapat hubungan dimana nilai r =0,443, kemudian dikonsultasikan dengan Label kritik dari r Product Moment pada taraf kepercayaan 95% rt =0,288, ternyata r =0,443 hasilnya lebih besar jika dibandingkan rt pada taraf kepercayaan 95 % rt = 0,288 sehingga hipotesa kedua yang peneliti ajukan juga dapat diterima. kemudian terdapat faktor-faktor penunjang dan faktor-faktor penghambat pada kegiatan belajar anak.
Dengan adanya hubungan yang menyakinkan antara peranan orang tua dengan kegiatan belajar anak, sedangkan antara kegiatan belajar dengan prestasi belajar anak juga terdapat hubungan, serta terdapatnya faktor-faktor penunjang dan faktor-faktor penghambat.
pada kegiatan belajar anak, maka diharapkan kepada orang tua atau pihak sekolah yang terkait agar dapat lebih meningkatkan peranan dan tanggung jawabnya terhadap pendidikan anak yang berkelainan sebagai upaya untuk mensukseskan program pemerintah dibidang pendidikan luar biasa khususnya dan bidang pendidikan umumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Anak; Peranan Orang Tua; SLB |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | marina marina daniaty |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 04:11 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 04:44 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |