Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan Guru Dengan Kemampuan Menerapkan GPBB Mata Pelajaran Agama Dalam Proses Belajar Mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Palangka Raya

Jarni, Jarni (1993) Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan Guru Dengan Kemampuan Menerapkan GPBB Mata Pelajaran Agama Dalam Proses Belajar Mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
083_JARNI_8715003878_1993.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mengetahui hubungan antara latar belakang pendidikan guru dengan kemampuan menerapkan GBPP mata pelajaran agama dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah swasta Palangka Raya. 2. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan dalam menerapkan GBPP mata pelajaran agama dalam proses belajar mengajar antara guru yang berlatar belakang pendidikan keguruan agama dengan guru yang tidak berlatar belakang pendidikan keguruan agama di Madrasah Ibtidaiyah swasta Palangka Raya.

Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini melalui data tertulis dan data tidak tertulis. Untuk Mendapatkan data tersebut digunakan beberapa tehnik yaitu: tehnik angket, observasi, wawancara, dan du-komentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 9 Mad rasah Ibtidaiyah swasta Palangka Raya dengan guru mata pelajaran agama sebanyak 60 orang. yang digunakan dalam penelitian ini penulis tehnik purposive sample atau sampel bertujuan diambil 3 Madrasah Ibtidaiyah swasta yang cukup maju dan memiliki latar belakang pendidikan guru agama yang bervariasi. Ketiga Madrasah tersebut ialah 1.Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah I dengan jumlah quru mata Jumlah Sampel memakai yakni diambil 3 Madrasah Ibtidaiyah swasta yang cukup maju dan memiliki latar belakang pendidikan guru agama yang bervariasi. Ketiga Madrasah tersebut ialah 1.Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah I dengan jumlah guru mata pelajaran agama terdiri dari D2 1 orang, PGAN 4 orang dan MAN 1 orang jumlah 6 orang. 2. Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah II terdiri dari D2 1 orang,PGAN 3 orang dan MAN 2 orang jumlah 6 orang. 3. Madrasah Ibtidaiyah NU terdiri dari D2 2 orang, PGAN 6 orang dan MAN 4 orang sehingga total seluruhnya berjumlah orang. 24.

Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu: ter-dapat hubungan lemah antara latar belakang pendidikan guru dengan kemampuan menerapkan GBPP mata pelajaran agama dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah swasta Palangka Raya serta terdapat perbedaan kemampuan menerapkan GBPP mata pelajaran dalam proses belajar mengajar antara guru yang berlatar belakang keguruan agama dengan guru yang tidak berlatar belakang pendidikan keguruan agama di madrasah Ibtidaiyah swasta Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru ; Kemampuan Guru; Latar Belakang Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 10 Aug 2025 05:14
Last Modified: 10 Aug 2025 05:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6014

Actions (login required)

View Item View Item