Iksanutakwin, Iksanutakwin (1994) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Amaliah Keagamaan Siswa SMAN I Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
081_IKSANUTAKWIN_8815003834_1993.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan agama islam sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan adan nya pendidikan agama islam di SMA Negeri I Palangkaraya yang diharapkan siswa dapat merealisasikan kegiatanya dalam bentuk amaliah keagamaan sehari-hari.
Pendidikan agama islam di SMA Negeri I Palangkaraya merupakan pelajaran pokok yang mempelajari agama islam yang menca-kup bidang amaliah keagamaan seperti: Mengerjakan Shalat, puasa, mengeluarkan zakat dan membaca Al Qur'an.
Signifikasi penelitian ini adalah ingin mengetahui: Apakah ada pengaruh pendidikan agama islam terhadap amaliah keagamaan siswa di SMA Negeri I Palangkaraya.
Bertolak dari rumusan masalah di atas, dirumuskan hipotesa sebagai berikut : "Semakin baik pelaksanaan pendidikan agama islam di SMA Negeri I Palangkaraya, semakin baik pula amaliah keagamaan siswa".
Populasi Penelitian 385 siswa. Dari Jumlah tersebut ditarik sampel sebanyak 15%, yaitu 389 X 15% 57, yang penulis bulatkan keangka puluhan menjadi 60 siswa. Adapun sebagai informasi dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah beserta dewan guru SMA Negeri I Palangkaraya yang beragama islam.
Untuk memperoleh datá yang berkaitan dengan pengaruh pendidikan agama islam di SMA Negeri I Palangkaraya terhadap amaliah siswa, dilakukan dengan cara mengelompokan 2 (dua) jenis data yaitu, data tertulis dan data yang tidak tertulis.
Untuk mencari data dilapangan digunakan bebrapa teknis ya-itu: Observasi, angket, wawancara, dukumenter, terjun langsung agar teknis yang satu dengan yang lainya saling mendukung, mem-perkuat dan melengkapi pengumpulan data.
Untuk menguji hipotesa dalam penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi antara variabel X dan Y. Dari perhitungan rumus dapat diketahui hasilnya sebagai berikut:
- Bentuk hubungan pengaruh antara variabel pelaksanaan pendidikan agama islam di SMA Negeri I Palangkaraya dengan variabel amaliah keagamaan siswa, telah diketahui r = 0, 87 , maka dapat dinyatakan bahwa dua variabel tersebut mempunyai hubungan pengaruh yang cukup kuat.
- Mengenai uji tingkat signifikasi nilai r, dapat diketa-hui perbandingannya t hit t (2) ini berarti antara dua variabel pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Palangkaraya dengan amaliah keagamaan siswa, terdapat hubungan pengaruh pada tingkat signifikasi 1%, ini dapat diartikan bahwa tingkat hubungan tersebut sangat berarti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; SMA; Sehari - Hari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | marina marina daniaty |
Date Deposited: | 10 Aug 2025 04:23 |
Last Modified: | 10 Aug 2025 04:23 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |