Hadits, Hadits (1994) Efektivitas Belajar dengan Sistem Modul Pada Program D.II. Penyetaraan Bagi Guru - Guru Agama Islam SD/MI di Kota Madya Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
076_HADITS_8815003778_1993.pdf Download (9MB) |
Abstract
Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan diseluruh tanah air, maka yang sangat penting mendapat perhatian adalah tenaga kependidikan yang menangani langsung terutama adalah guru-gurunya. Usaha peningkatan mutu guru agar memiliki wawasan kependidikan yang lebih luas serta kemampuan yang lebih tinggi baik kemampuan akademik maupun propesional, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan menuju kearah tinggal landas. Untuk meningkatkan kemampuan guru-guru pada tingkat SD/MI dan guru MI, maka kualifikasi dasar pendidikan bagi jabatan guru Agama Islam SD/MI perlu ditingkatkan dari lulusan PGAN atau yang sederajat, menjadi lulusan D.II. penyetaraan. Adapun bahan belajar yang digunakan adalah bahan belajar mandiri, atau dapat dikatakan dengan sistem modul. Untuk memacu kepada prestasi belajar mahasiswa tersebut, sangat diperlukan adanya keaktifan belajar mahasiswa dalam mempelajari modul.
Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan belajar mahasiswa dengan prestasinya, dirasa perlu adanya penelitian ini. Keperluan penelitian ini adalah untuk menjawab, sejauhmana aktivitas belajar mahasiswa D.II. penyataraan dengan sistem modul di Kota Madya Palangka Raya.Dengan diketahui adanya pengaruh antara keaktivan mahasiswa terhadap keberhasilan yang telah dicapai, maka penelitian ini akan mempunyai arti yang berguna sebagai bahan informasi bagi semua pihak yang terkait, dalam rangka peningkatan prestasi belajar mahasiswa D.II. Penyetaraan.
Setelah penulis mengadakan penelitian pada program D.II. penyetaraan di Kota Madaya Palangka Raya melalui metode Observasi, wawancara, dokumenter, serta angket, maka diketahui adanya pengaruh keaktivan belajar mahasiswa, dengan prestasi belajarnya. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi, ternyata hasil dari perhitungan korelasi tersebut, adalah; 0,78. Ini berarti ada pengaruh yang kuat, atau tinggi. Selanjutnya diuji lagi dengan rumus Kai terdapat Nilai (27,541) dan Nilai XS tabel pada taraf sig-nifikan 5% = (7,815) dan Nilai X tabel pada taraf sig-nifikan 1% = (11,345). Hal ini jauh lebih besar, Nilai da ri hasil rumus Kai Kuadrat, dengan nilai X tabel baik раda taraf signifikan 5%, maupun 1%. Dengan demikian maka berarti pula Ho ditolak dan Ha diterima. Dan berarti pula 2 2 Kuadrat
bahwa penelitian ini adalah signifikan (nyata). Dengan terbuktinya ada pengaruh antara keaktivan belajar mahasiswa dengan prestasinya, maka kepada semua yang terkait dalam pelaksanaan ini selalu memberikan motivasi kepada mahasiswa, agar lebih giat dalam belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Agama Islam ; Mutu Pendidikan;Sistem Modul |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | marina marina daniaty |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 12:29 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 12:29 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |