Peranan Alat Peraga Dalam Mengefektifkan Pengajaran Matematika pada SDN Langkai 22, 12 dan 5 Palangka Raya

Bahrudin, Bahrudin (1994) Peranan Alat Peraga Dalam Mengefektifkan Pengajaran Matematika pada SDN Langkai 22, 12 dan 5 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
074_BAHRUDIN_8815003780_1993.pdf

Download (10MB)

Abstract

SDN Langkai 22, 12 dan 5 adalah 3 (tiga) dari sejumlah SDN di Kelurahan Langkai Kota Madya Palang ka Raya yang memiliki 24 orang guru matematika serta 591 orang siswa.

Sebagai lembaga pendidikan sekolah yang menye-lenggarakan kegiatan belajar mengajar termasuk peng ajaran matematika, maka seyogyanya guru matematika menggunakan alat peraga dalam rangka mengefektifkan kegiatan belajar mengajarnya. Namun sejauhmana peng-gunaan alat peraga pada ketiga SDN di atas, dan ba-gaimana peranananya dalam mengefektifkan kegiatan be lajar mengajar matematika, merupakan masalah yang menarik untuk ditiliti.

Berkaitan hal di atas, maka permasalahan pokok penelitian ini meleputi; sejauhmana penggunaan alat peraga dalam pengajaran matematika, sejauhmana efektivitas pengajaran matematika dan apakah alat pera-ga berperan dalam mengefektifkan pengajaran matematika, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar matematika, mengetahui efektivitas pengajar an matematika serta mengetahui peranan alat peraga dalam mengefektifkan pengajaran matematika pada SDN Langkai 22, 12 dan 5 Palangka Raya.

Populasi penelitian 24 orang guru dan 591 orang siswa, terhadap populasi guru digunakan tehnik populasi sementara terhadap siswa digunakan random sampling dengan besar sampel 120 orang, masing-masing kelas diwakili 5 orang siswa yang diperoleh secara acak. Penggalian data tentang efektivitas penggun alat peraga, efektivitas pengajaran matematika dan peranen alat peraga terhadap eĝektivitas pengajaran matematika suatu gambaran umum ketiga SDN di atas di gunakan tehnik observasi, wawancara, kuessioner dan dokumen, melalui Kepala Sekolah, guru matematika den siswa.

Selanjutnya analisis peranan alat peraga dalam mangefektifkan pengajaran matematika, sesuai hipote-sis yang diajukan digunakan tehnik Product Moment,se hingga diperoleh r XY = 0, 852 lebih besar darir tab 0,404 pada taraf 95%, yang berarti alat peraga cukup tinggi peranannya dalam mengefektifkan pengajaran matematika, sehingga hipotesis tersebut dapat diterima secara meyakinkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika; Alat peraga
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:05
Last Modified: 22 Jul 2025 09:05
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6005

Actions (login required)

View Item View Item